sign up SIGN UP search


kehamilan

Keuntungan bagi Ibu Hamil di Tengah Pandemi COVID-19

Nanie Wardhani Sabtu, 10 Jul 2021 08:10 WIB
A pregnant woman wears a surgical mask to protect a COVID-19 (Coronavirus) and PM 2.5 and show a surgical mask on the abdomen to prevent infection to the fetus. caption

Jakarta - Akibat pandemi COVID-19 yang terjadi beberapa tahun belakangan ini, hampir semua rutinitas kita tidak lagi berjalan dengan normal. Begitu juga dengan rutinitas yang dijalani oleh para orang tua, terutama Bunda yang sedang hamil.

Mungkin saat sebelum hamil, Bunda mengharapkan hamil yang nyaman, tidak terlalu mual, bisa mempersiapkan fisik dan mental untuk menyambut kedatangan si Kecil, belanja seru segala persiapan untuk bayi, dan sebagainya. Tapi tentu saja Bunda tidak mengharapkan akan menjalani semuanya saat pandemi saat semuanya tidak akan berjalan seperti biasanya.

Walau banyak hal yang berubah dari kondisi normal, namun ada baiknya juga agar Bunda dapat melihat dari sisi positifnya, Bun. Tentu ini bukan hal yang mudah terutama jika anggota keluarga Bunda ada yang menjadi korban virus COVID-19, tapi mengambil hikmah dari segala sesuatu yang sedang terjadi dalam hidup ini dapat membantu meringankan beban yang sedang dirasakan.


Begitu juga dengan kehamilan. Pernahkah terpikirkan Bunda bahwa ada beberapa keuntungan yang didapat dengan hamil di tengah pandemi? Dilansir dari Healthline, berikut beberapa keuntungan hamil di tengah pandemi yang Bunda bisa ambil hikmahnya.

1. Tidak perlu menutupi perut yang membesar

Salah satu hal kurang menyenangkan saat periode awal kehamilan di tengah lingkungan kerja adalah momen saat perut masih belum terlihat besar, tapi sudah mulai tidak tampak rata lagi. Karena di saat seperti ini pasti ada saja yang menebak-nebak apakah Bunda sedang hamil atau perut Bunda hanya berisi lemak yang menumpuk.

Dan terkadang, komentar beberapa orang bisa kurang enak didengar sehingga Bunda merasa perlu menutupi kehamilan awal tersebut. Saat pandemi dan Bunda harus bekerja dari rumah, Bunda akan terbebas dari tekanan harus menutupi perut Bunda, Bun. Jadi bisa terasa lebih santai, kan?

2. Tidak ada yang mempertanyakan perubahan perilaku Bunda

Jika Bunda masih harus ke kantor seperti saat sebelum pandemi, Bunda akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan berulang mengenai perubahan perilaku Bunda. Contohnya, Bunda yang mungkin harus bolak-balik ke WC karena mual atau karena ingin buang air kecil, atau Bunda yang tidak lagi minum kopi di pagi hari, atau menolak ajakan makan siang sushi bersama rekan-rekan yang lain.

Saat pandemi, Bunda hanya menunjukkan perubahan perilaku tersebut kepada keluarga yang ada di rumah, jadi sudah tidak ada lagi yang bertanya-tanya.

3. Menghadapi morning sickness di rumah

Tidak semua Bunda hamil menjalani morning sickness hanya dengan rasa mual yang ringan. Ada yang sampai sering muntah-muntah.

Saat ini terjadi di kantor tentu saja akan sangat mengganggu pekerjaan dan juga rekan kerja yang lain. Maka saat morning sickness dijalani di rumah, tentu Bunda akan merasa lebih tenang dan tanpa beban moral kepada rekan kerja lainnya.

Selain tiga keuntungan yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa keuntungan lainnya, Bun. Simak di halaman berikut ini ya.

Simak juga video memprediksi usia kehamilan melalui USG ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



KEUNTUNGAN HAMIL DI TENGAH PANDEMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi