sign up SIGN UP search


kehamilan

Yang Luar Biasa saat Hamil 4 Bulan: Baby Bump-nya Muncul, Bun!

Tim HaiBunda Minggu, 18 Jul 2021 16:58 WIB
Pregnant couple putting hands on the belly against the background of Christmas tree and garland lights Ilustrasi hamil 4 bulan/Foto: iStock
Jakarta -

Bunda telah memasuki usia hamil 4 bulan? Itu artinya Bunda sudah memasuki trimester kedua.

Ini adalah fase yang mana berbagai macam proses perkembangan dari janin semakin pesat. Tubuh Bunda juga akan mulai untuk banyak mengalami perubahan. Perubahan fisik yang terjadi ketika usia kehamilan 4 bulan salah satunya adalah tonjolan perut (baby bump) yang mulai untuk terlihat.

Pada periode masa ini, morning sickness pun umumnya jadi lebih mereda. Lalu apa lagi perubahan serta perkembangan yang terjadi pada usia kandungan 4 bulan? Catat empat hal luar biasa berikut yang akan Bunda alami ya.


Banner Penyebab Janin Tidak BerkembangFoto: Mia Kurnia Sari

Kondisi yang terjadi saat hamil 4 bulan

1. Gejala serta keluhan umum

Pada masa ini rahim mulai untuk tumbuh membesar, sehingga sejumlah keluhan yang umum pun bisa terjadi. Misalnya saja seperti sakit punggung, gangguan pencernaan, sesak napas dan muncul stretch mark.

Tak hanya itu, perubahan hormonal yang terjadi pun membuat Bunda lebih rentan untuk mengalami gangguan pada kesehatan mulut, seperti gusi berdarah dan iritasi. Pembuluh darah pun akan mulai terlihat lebih menonjol. Ini terjadi karena darah dipompa lebih banyak.

Keadaan ini umumnya mulai terjadi ketika hamil 4 bulan, lalu berlanjut hingga usia kehamilan 9 bulan. Beberapa keluhan seperti mulas serta sembelit ataupun sesak napas, wajar untuk terjadi karena rahim yang tumbuh besar menggeser organ tubuh lainnya.

2. Terlihatnya baby bump

Pada waktu ini banyak wanita telah mulai mengalami penambahan pada berat badan secara signifikan. Tapi jangan membandingkan diri ya, Bun karena kenaikan dari berat badan ketika kehamilan 4 bulan pada setiap wanita berbeda-beda.

Apabila Bunda khawatir mengenai apakah kenaikan tersebut terlalu banyak atau sedikit, Bunda bisa segera berkonsultasi ke dokter ya. Selain kenaikan berat badan yang Bunda alami, pada saat ini baby bump pun kemungkinan besar mulai muncul. Apabila ini adalah kehamilan yang pertama, baby bump mungkin menjadi lebih sulit untuk terlihat. 

3. Perkembangan janin

Di usia ini, bayi akan punya memiliki panjang 10 - 13 cm, dengan berat antara 113 - 140 gram. Tapi, rata-rata bayi tak mempunyai lemak banyak serta masih kecil sekali.

Sebagian besar dari kulitnya pun masih terlihat bening. Bayi juga kemungkinan sudah mempunyai sejumlah rambut yang tumbuh. Organ reproduksi berkembang cepat serta mulai memiliki kekuatan otot. Paling penting, telinga serta mata bayi telah berkembang dan ia sudah bisa untuk mendengar suara.

4. Gerakan janin

Pergerakan dari janin di dalam kandungan bergantung sekali dengan letak plasenta, posisi bayi pada rahim, serta lemak di tubuh Bunda. Jadi, setiap perempuan pasti mengalami sensasi gerakan dari janin yang rasanya berbeda-beda.

Pada suatu waktu, mungkin Bunda akan merasakan banyak gerakan bayi serta akan secara berangsur menghilang. Hal ini wajar karena bayi masih kecil serta dapat bergerak secara leluasa dalam rahim.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika usia hamil 4 bulan. Semoga bermanfaat! (PK)

Simak juga video berikut mengenai penjelasan suami yang ikut ngidam pada saat istri hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi