sign up SIGN UP search


kehamilan

Konsumsi Madu Penyubur Kandungan, Mampukah Perbesar Potensi Kehamilan?

Nanie Wardhani Senin, 16 Aug 2021 15:40 WIB
Beautiful asian young woman professional masseuse holding honey cup for spa body treatment in spa salon. Female masseuse prepared pure honey for facial mask. Beauty treatment and healthcare concept. caption

Biasanya, hampir semua pasangan suami istri menantikan datangnya sang buah hati yang akan melengkapi keluarga mereka. Ada banyak cara dan usaha yang bisa dilakukan oleh Ayah dan Bunda untuk bisa mengusahakan kehamilan, beberapa di antaranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga serta melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh Ayah dan Bunda sehari-hari. 

Salah satu usaha yang bisa Ayah dan Bunda lakukan adalah dengan mengonsumsi madu penyubur kandungan. Madu alami memang memiliki banyak sekali khasiat dan kebaikan, Bunda. Madu jenis apa pun memiliki kebaikan yang sama untuk meningkatkan kesuburan, atau menyuburkan kandungan Bunda. 

Seperti dilansir dari Good To, ternyata madu telah dianggap sebagai penyubur kandungan alami selama beberapa generasi lho, sehingga kata "bulan madu" diduga berasal dari tradisi kuno pengantin baru yang makan sesendok madu setiap malam untuk mempercepat proses kehamilan.


"Madu adalah makanan yang sangat padat nutrisi dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antibakteri yang menjanjikan bagi Ayah dan Bunda. Madu memiliki sejarah panjang tradisional digunakan sebagai penyubur kandungan. Madu diperkirakan dapat meningkatkan kualitas telur dan kesuburan secara umum karena kandungan vitamin B, zat besi, kalsium, dan asam aminonya yang sangat kaya," ujar Hayley Pedrick, ahli nutrisi dan pendiri Habitude.

“Dan 100 gram madu juga telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah hingga 50 persen,” tambahnya.

Zat kimia ini meningkatkan vasodilatasi dan karenanya dapat meningkatkan ereksi pada pria yang menderita disfungsi ereksi. Madu yang bersumber secara lokal dan berkualitas tinggi direkomendasikan untuk mendapatkan manfaat kekebalan dan penguatan penuh. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi madu ini jika Bunda sedang berjuang dengan gangguan metabolisme, seperti diabetes tipe 2 ya, Bunda.

Tidak hanya madunya saja, apa yang dihasilkan oleh lebah ternyata juga memiliki banyak manfaat sebagai penyubur kandungan, Bunda. Bahkan, dilansir dari Healthline, terdapat beberapa suplemen alami tertentu yang dikaitkan dengan peningkatan kesuburan yang merupakan produk hasil dari lebah selain madu itu sendiri, diantaranya termasuk:

  • Bee pollen: Bee pollen telah dikaitkan dengan peningkatan kekebalan, kesuburan, dan nutrisi secara keseluruhan. Satu penelitian pada hewan menemukan bahwa mengonsumsi bee pollen dikaitkan dengan peningkatan kualitas sperma dan kesuburan pria.
  • Propolis lebah: Sebuah penelitian terhadap wanita dengan endometriosis menemukan bahwa mengonsumsi propolis lebah dua kali sehari menghasilkan peluang 40% lebih besar untuk hamil setelah 9 bulan (50).
  • Royal jelly: Royal jelly, yang juga dibuat oleh lebah, dikemas dengan asam amino, lipid, gula, vitamin, asam lemak, zat besi, dan kalsium. Penelitian pada hewan menemukan itu dapat meningkatkan kesehatan reproduksi pada tikus.

Dilansir dari Eva Fertility Clinic, madu sangat kuat merangsang produksi hormon seksual, baik pada pria maupun wanita, dan juga memiliki kekuatan untuk menyeimbangkan kemampuan kelenjar. Madu mentah asli dapat digunakan sebagai obat untuk pria yang menderita masalah impotensi dan wanita yang memiliki masalah infertilitas.

Fakta bahwa madu dapat meningkatkan kesuburan telah dikonfirmasi dalam sebuah penelitian, di mana 40 pria tidak subur dianalisis dan diberikan bee pollen. Hasil menunjukkan peningkatan kesehatan secara umum, peningkatan libido dan produksi sperma yang lebih besar. Di sisi lain, dalam kasus perempuan, sekelompok dari mereka dengan menstruasi yang tidak teratur juga dianalisis.

Setelah mengkonsumsi madu secara teratur, peningkatan yang nyata dapat terlihat, termasuk keteraturan jadwal menstruasi.

Bee pollen mengandung semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan dan reproduksi. Kami ingin mengingatkan Bunda bahwa madu mentah lebih baik karena lebih alami dan efektif, bahkan lebih baik jika berasal dari lokal. Kami menyarankan Bunda mengunjungi pasar lokal untuk menemukan produk organik dan segar.

Demikian beberapa manfaat dari madu dan produk lainnya dari lebah, terutama dalam perannya sebagai penyubur kandungan. Jadi jika Ayah dan Bunda memiliki rencana untuk melakukan program hamil, Ayah dan Bunda bisa mengawalinya dengan mengonsumsi madu murni atau produk lebah lainnya secara rutin, Bunda. Sebab tidak hanya sebagai penyubur kandungan, tapi dengan mengonsumsi madu tersebut, stamina dan kesehatan Ayah dan Bunda bisa lebih terjaga. 

Simak juga tips mempercepat pembukaan agar persalinan lancar dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!