sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Arti Mimpi tentang Hamil & Faktor Penyebabnya, Bunda Pernah Mengalami?

Kinan Senin, 23 Aug 2021 17:35 WIB
Front view of cropped long hair brunet caucasian pregnant woman, sitting in crossed legs, in yoga pose, in bed at home, holding her belly with hand. Maternity, pregnancy, new life. caption

Mimpi sering kali dianggap dapat menunjukkan alam bawah sadar seseorang. Maka dari itu, mimpi yang tak biasa pun bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya mimpi tentang hamil, apakah Bunda pernah mengalaminya?

Dikutip dari Healthline, mimpi telah lama diperdebatkan dan ditafsirkan untuk makna psikologis yang mendasarinya. Hal ini juga berlaku untuk mimpi tertentu, seperti arti mimpi hamil.

Bermimpi itu sendiri adalah jenis halusinasi yang terjadi saat tidur rapid eye movement (REM). Mimpi cenderung lebih terkait dengan pikiran emosional, daripada logika. Ini bisa menjelaskan mengapa Bunda mungkin terbangun dari mimpi yang dirasakan 'aneh'.


Terapis dan pakar mimpi, Leslie Ellis, PhD, menyebutkan bahwa meskipun mimpi dapat ditafsirkan, namun interpretasinya tetap bergantung pada masing-masing orang. Termasuk tentang arti mimpi hamil.

Macam-macam arti mimpi tentang hamil

Jika Bunda mengalami mimpi tentang kehamilan, ini kemungkinan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Termasuk pikiran yang terlalu fokus soal hamil itu sendiri. Nah, apa saja arti mimpi tentang hamil?

1. Arti mimpi diri sendiri hamil

Menurut Ellis, mimpi biasanya bersifat metaforis dan simbolis. Jadi, bermimpi hamil bukan berarti Bunda sedang positif hamil atau otomatis penanda positif hamil, ya. 

"Konon, kehamilan sering dianggap mewakili sesuatu yang bersifat kreatif. Jika ada sesuatu seperti proyek atau tujuan yang sedang dikerjakan, itu mungkin diwakili oleh kehamilan dalam mimpi," ungkap Ellis.

2. Arti mimpi melahirkan

Sejalan dengan itu, melahirkan dalam mimpi juga kerap melambangkan sebuah hasil dari proses kreatif yang sedang dilakukan. 

"Jadi, hamil bisa berarti penuh dengan kejutan, menciptakan hal-hal unik, atau munculnya sesuatu yang baru dan menguatkan kehidupan," tambahnya.

3. Arti mimpi orang lain sedang hamil 

Ellis mencatat ada berbagai kemungkinan jika Bunda memimpikan seseorang yang dikenal sedang hamil.

"Itu bisa berarti ada seseorang sedang memikul beban, menerima pujian, atau melakukan sesuatu yang kreatif, yang mungkin tidak disadarinya," ujar Ellis. 

Dalam hal ini, perhatikan siapa orang tersebut dan sifat hubungan Bunda dengan mereka. Mungkin saja ada hal istimewa dalam dirinya yang terlewatkan.

4. Arti mimpi orang asing sedang hamil

Jika Bunda bermimpi melihat orang asing sedang hamil, bahkan mungkin menyaksikan momen persalinan, ini bisa berarti ada suatu upaya yang belum terselesaikan.

5. Arti mimpi mengalami gejala kehamilan

Jika proses upaya yang sedang Bunda kerjakan mengalami hambatan, ini dapat muncul dalam mimpi sebagai gejala hamil seperti mual atau pusing. 

"Saya telah melihat orang-orang memiliki mimpi seperti ini ketika mereka menghentikan keinginan mereka untuk berekspresi secara kreatif," tutur Ellis.

Pikirkan tentang hambatan yang sedang Bunda hadapi dan bagaimana solusi terbaik untuk menghadapinya.

6. Arti mimpi menerima kabar kehamilan 

Sebuah mimpi di mana Bunda mengetahui kabar kehamilan sering kali dapat mewakili sebuah awal yang baru atau ada momen yang akan mengubah hidup. 

7. Arti mimpi tidak bisa hamil

Apabila Bunda bermimpi mengetahui tidak bisa hamil, ini bisa menjadi pertanda hambatan, ketidakmampuan untuk memulai sesuatu yang baru, atau tantangan dalam menemukan ide. 

Faktor-faktor penyebab munculnya mimpi hamil

Dilansir Women's Health Mag, selain dikaitkan dengan proses kreatif mimpi hamil juga dianggap dapat lebih mudah terjadi jika ada pemicunya. Salah satunya ketika Bunda benar-benar sedang ingin hamil, sehingga terus memikirkan tentang kondisi ini.

"Bagi sebagian orang, arti mimpi hamil dapat dikaitkan dengan fakta bahwa ada banyak pikiran mengenai program hamil atau keinginan memiliki anak," imbuh profesor klinis psikiatri dan ilmu perilaku di Stanford Center for Sleep Sciences and Medicine, Rafael Pelayo, MD.

Sebaliknya, mimpi hamil juga berpotensi sering terjadi saat Bunda justru sedang menunda kehamilan itu sendiri. Dalam kasus ini, mimpi hamil mungkin muncul karena ketakutan atau kecemasan berlebihan.

Dalam kapasitas tertentu, terlalu memikirkan sesuatu hal justru dapat membuatnya sering muncul dalam mimpi lho, Bunda. Termasuk jika Bunda cemas berlebihan akan kehamilan.

Demikian ulasan tentang arti mimpi hamil dan kemungkinan penyebabnya. Ingat, makna mimpi bisa berbeda-beda pada tiap orang. Jadi, jangan memikirkannya terlalu serius ya, Bunda.

Simak juga tips hamil untuk Bunda yang mengalami obesitas dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!