sign up SIGN UP search


kehamilan

2 Kondisi Berbahaya di Tuba Fallopi yang Bisa Hambat Kehamilan, Bunda Perlu Tahu

Meita Fajriana Sabtu, 11 Sep 2021 17:36 WIB
Happy pregnant mother touching and looking beautiful belly sitting on cozy bed at home. prenatal, pregnancy, motherhood, expect concept. Young pregnance girl care and love her baby. copy space caption

Jakarta - Tuba fallopi atau saluran tuba adalah salah satu bagian tubuh wanita yang berperan penting dalam terjadinya pembuahan dan proses kehamilan. Pasalnya, bila seorang wanita memiliki penyakit atau kondisi tertentu yang menyebabkan tuba fallopi tersumbat, ia memiliki kesulitan untuk sulit hamil.

Untuk itu, ada baiknya Bunda yang sedang dalam program hamil memahami lebih dalam tentang tuba fallopi, definisi, hingga masalah yang bisa menghambat kehamilan.

Apa itu tuba fallopi?


Tuba fallopi adalah sebuah saluran dengan panjang sekitar 10-13 cm dan diameter sekitar 1 cm yang menghubungkan antara indung telur (ovarium) dan rahim.  dari laman Very well Family, saluran tuba juga dikenal sebagai saluran telur atau saluran rahim dan merupakan bagian penting dari sistem reproduksi wanita, Bunda.

Pembuahan biasanya terjadi di saluran tuba ini Bunda. Jika kehamilan berimplantasi atau melekat di saluran tuba, atau di tempat lain di luar rahim, itu disebut sebagai kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik bisa sangat berbahaya, dengan risiko komplikasi berupa pendarahan. Itulah mengapa tuba fallopi ini memiliki peran yang sangat penting. 

Banner Rumah TKW BlitarRumah TKW Blitar/ Foto: HaiBunda/Mia

Karena sangat berkontribusi dalam proses menuju kehamilan, tuba fallopi biasanya akan ditutup atau diikat dengan tindakan medis untuk menghambat terjadinya kehamilan. Biasanya prosedur untuk memblokir saluran tuba dapat digunakan sebagai bentuk kontrasepsi permanen atau sterilisasi. 

Melansir dari situs Britannica, tuba fallopi, juga disebut saluran telur atau tuba uterina, salah satu dari sepasang saluran sempit panjang yang terletak di rongga perut wanita yang mengangkut sel sperma pria ke sel telur, menyediakan lingkungan yang cocok untuk pembuahan, dan mengangkut sel telur dari ovarium di mana itu diproduksi, ke saluran pusat atau rahim.

Fungsi tuba fallopi

Saluran ini berfungsi sebagai tempat berjalannya sel telur dari ovarium menuju rahim saat ovulasi dan sebagai tempat pertemuan sel telur dengan sperma saat proses pembuahan. Telur diambil oleh fimbriae dan kemudian dibawa ke arah rahim. Gerakan ini diarahkan dengan baik oleh dorongan silia dan peristaltik, yang merupakan kontraksi ritmik otot-otot tuba.

Pembuahan terjadi di saluran tuba. Sperma melakukan perjalanan ke dalam tabung atau saluran tuba, tempat mereka dapat bertemu dan membuahi sel telur. Telur yang telah dibuahi kemudian melanjutkan gerakannya menuju rahim. Jika telur yang dibuahi tertanam di dalam rahim, dan terus berkembang, ini akan menjadi kehamilan.

Pengangkutan telur yang berhasil melalui saluran tuba diperlukan bagi seseorang untuk hamil tanpa intervensi medis. Inilah sebabnya mengapa sterilisasi tuba, yang mengganggu fungsi tuba, merupakan bentuk kontrasepsi permanen yang efektif ketika Bunda berencana tidak akan hamil lagi. 

Ingin tahu kondisi medis berbahaya apa saja yang bisa disebabkan tersumbatnya tuba fallopi? Klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang persiapan dan tips melahirkan normal di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



KONDISI MEDIS TERKAIT TUBA FALLOPI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!