sign up SIGN UP search


kehamilan

Warna Urine Berubah saat Hamil, Bahaya atau Tidak ya Bun?

Meita Fajriana Rabu, 08 Sep 2021 19:45 WIB
Portrait of a beautiful pregnant woman caption

Jakarta - Apakah Bunda pernah mengalami perubahan warna urine selama kehamilan dan frekuensi buang air kecil juga semakin sering? Tenang Bunda tidak sendiri kok.

Sebagian besar perempuan hamil merasakan hal yang sama. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Apakah warna urine yang berubah merupakan pertanda bahaya bagi kehamilan Bunda? Simak terus penjelasannya ya. 

Mengapa urine berubah sepanjang kehamilan? 

Melansir dari laman EverydayHealth, banyak wanita hamil akan mengalami perubahan urine selama kehamilan dan banyak juga yang mengalami buang air kecil lebih sering daripada biasanya sebelum melewatkan menstruasi pertama atau melakukan tes kehamilan. Hal itu terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon kehamilan hCG setelah implantasi embrio di dalam rahim dan hormon ini dapat menyebabkan Bunda sering buang air kecil.


Selama kehamilan, ada peningkatan keseluruhan volume darah yang bersirkulasi dan sekitar 25 persen dari darah itu diarahkan ke ginjal, yang berarti banyak cairan ekstra diproses melalui ginjal Bunda, sehingga akan berakhir di kandung kemih. Inilah salah satu hal yang menyebabkan Bunda akan buang air kecil lebih sering saat hamil. 

Arti warna dan bau urine saat hamil

Warna dan bau urine Bunda juga dapat memberi tahu banyak tentang kesehatan Bunda saat hamil. Jika urine terlihat lebih gelap dan lebih pekat, itu bisa menjadi tanda bahwa Bunda mengalami dehidrasi. Wanita hamil perlu minum lebih banyak air daripada biasanya, dan urine Bunda dapat memberi tahu apakah Bunda mendapatkan cukup cairan. Morning sickness, dan terutama hiperemesis gravidarum  yang parah disertai muntah dapat menjadi pencetus dehidrasi.

Saat Bunda hamil, hormon kehamilan dapat menyebabkan bau urine berubah. Bau urine yang kuat juga dapat mengindikasikan infeksi saluran kemih. Bunda akan lebih sadar akan bau urine seperti amonia yang terjadi secara alami selama kehamilan karena indra penciuman mereka yang meningkat.

Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikutnya ya.

Simak juga video tentang 7 artis yang hamil di 2021 di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



PENYEBAB WARNA URINE BERUBAH SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!