sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil dan Porsi Aman Konsumsinya

Kinan Senin, 06 Sep 2021 13:05 WIB
buah tin caption

Buah tin (disebut juga buah ara) atau fig dikenal memiliki serat tinggi dan mineral. Manfaat buah tin pun dipercaya cukup banyak dan bahkan baik dikonsumsi bagi kesehatan. Tapi bagaimana bagi bunda hamil? 

Dikutip dari Mom Junction, buah tin segar maupun kering aman dikonsumsi selama kehamilan, selama porsinya diatur. Buah ini diketahui mengandung mineral, zat besi, dan kalsium yang dibutuhkan ibu dan bayi. 

Memiliki rasa manis khas seperti madu, buah tin juga mengandung kalium, fosfor, magnesium, dan tembaga. Nutrisi lain sebagai manfaat buah tin yang bisa didapat oleh bunda hamil yakni vitamin A, D, E, K, dan B kompleks, gula alami, serat larut, asam organik, dan lemak.


Uniknya, buah tin termasuk dalam kategori buah rendah kalori. Maka dari itu, buah ini pun menjadi salah satu pilihan yang baik bagi Bunda yang sedang ingin mengontrol kenaikan berat badan saat hamil.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah tin berukuran sedang (sekitar 50 gram) memiliki 37 kalori, 10 gram karbohidrat, 8 gram gula, 1,5 gram serat makanan, 0,15 gram lemak, 18 mg kalsium, 8 mg magnesium, 7 mg fosfor, 116 mg potasium, 3 mcg folat, 4 mcg vitamin A, dan 3 mcg vitamin K.

Roti Panggang Buah TinBuah Tin untuk ibu hamil/ Foto: iStock

Manfaat buah tin bagi kesehatan ibu hamil

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, beberapa manfaat buah tin bagi kesehatan ibu hamil di antaranya:

1. Membantu memperkuat tulang

Kalsium diketahui dapat membantu perkembangan tulang dan gigi janin, serta dibutuhkan pula oleh Bunda. Buah tin yang kaya akan kalsium dapat memperkuat tulang Bunda selama dan setelah kehamilan, sehingga tetap bugar dan kuat untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

2. Dapat mengoptimalkan perkembangan otak janin

Dilansir Parenting First Cry, manfaat buah tin lainnya yakni mengoptimalkan perkembangan otak janin. Ini karena buah tin kaya akan omega-3 dan folat, yang sangat penting untuk perkembangan otak.

3. Mengendalikan nafsu makan berlebih

Selama kehamilan, sebagian besar wanita cenderung memiliki peningkatan nafsu makan. Kondisi ini jika tak terkendali dapat memicu risiko seperti diabetes gestasional atau obesitas. Nah, sifat basa yang dimiliki buah tin pun dipercaya dapat membantu mengendalikan nafsu makan Bunda.

4. Dapat menurunkan risiko anemia

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kurangnya suplai oksigen ke janin. Untuk kondisi ini, kandungan zat besi dalam buah tin pun dapat memberikan manfaat. 

Selain itu, buah tin juga kaya akan vitamin c, yang dikenal membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan demikian, manfaat buah tin pun dapat membantu menurunkan risiko anemia pada bunda hamil.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah tin kaya akan serat, yang membantu mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, probiotik yang ada dalam buah tin juga mendukung kinerja bakteri baik di usus dan menjaga kesehatan pencernaan.

6. Meredakan keluhan mual muntah

Kandungan vitamin B6 dalam buah tin dipercaya bermanfaat untuk mengurangi mual dan muntah di pagi hari, atau yang juga dikenal sebagai morning sickness.

7. Mengatur kadar gula darah

Manfaat buah tin lain yang bisa didapat bunda hamil yakni membantu mengendalikan kadar gula darah, karena kandungan potasium yang dimilikinya. Selain itu, buah tin juga memiliki antioksidan polifenol dalam jumlah tinggi yang membantu mencegah aterosklerosis.

8. Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

Buah tin diketahui memiliki komponen sehat seperti omega-3, asam lemak omega-6, dan pitosterol, yang membantu mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, unsur pektin yang ada dalam buah tin juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

9. Memenuhi kebutuhan glukosa dalam jumlah terkendali

Buah tin termasuk memiliki rasa manis alami, sehingga dapat menjadi cara yang sehat untuk memenuhi kebutuhan glukosa selama kehamilan.

Berapa porsi yang aman dikonsumsi demi manfaat buah tin yang maksimal?

Seperti disebutkan sebelumnya, mengonsumsi buah tin selama kehamilan dapat bermanfaat bagi kesehatan Bunda dan janin. Namun begitu, ingatlah untuk tetap membatasi porsinya. Konsumsi buah tin yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah justru melonjak tinggi. 

Dokter biasanya akan menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi buah harian, bukan sebagai obat. Bunda dapat mengonsumsi setidaknya 1-3 buah tin sehari pada waktu yang berbeda.

Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, buah tin juga dapat ditambahkan ke salad. Buah tin kering juga kini sudah banyak tersedia. 

Demikian ulasan tentang manfaat buah tin bagi kesehatan bunda hamil. Tetap semangat mengonsumsi makanan sehat ya, Bunda!

(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!