sign up SIGN UP search


kehamilan

Ketahui Bunda, Manfaat Buah Tin untuk Kesuburan Pria

Haikal Luthfi Selasa, 02 Mar 2021 12:59 WIB
Figs Still Life caption
Jakarta -

Kesuburan merupakan faktor penentu kehamilan, Bunda. Tidak hanya pada wanita, kesuburan pria juga menentukan Bunda untuk hamil.

Mengutip laman Stanford Children Health, masalah sperma merupakan penyebab paling umum dari kemandulan pria. Hal ini bisa terjadi jika sperma mungkin belum matang, berbentuk tidak normal, atau tidak bisa bergerak menuju ovum.

Oleh karena itu, penting bagi ayah untuk merubah gaya hidupnya. Dengan menjaga asupan makanan, menjadi kunci keberhasilan demi mendapat momongan. Buah-buahan merupakan satu diantara asupan makanan sehat yang direkomendasikan.


Salah satu buah-buahan yang patut untuk dicoba dan dipercaya berkhasiat untuk kesuburan adalah buah tin, Bunda.

Ya, buah tin menjadi salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran, yakni dalam surat At-Tin, Bunda. Dalam surat tersebut, Allah SWT bersumpah sesuatu yang agung dengan memakai nama buah tin.

Roti Panggang Buah Tin Buah tin/ Foto: iStock

Hal tersebut terdapat dalam Al-Quran Surat At-Tin ayat 1, Allah SWT berfirman:

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

wat-tīni waz-zaitụn

Artinya: "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun."

Dalam tafsir Juz Amma, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan tin menurut sebagian mufassir adalah tempat tinggal nabi Nuh yang banyak terdapat pohon tin dan zaitun yang banyak tumbuh di baitul maqdis. Allah SWT bersumpah dengan kedua pohon itu karena banyaknya manfaat pada pohon dan buahnya.

Menurut Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid dalam bukunya yang berjudul Pola Makan Rasulullah (2006) menyebutkan bahwa buah tin mengandung gizi yang sangat tinggi, karena buah ini mengandung kadar gula yang tinggi, kalsium, dan zat besi.

Secara medis, buah tin memiliki berbagai manfaat pengobatan bagi sejumlah penyakit seperti untuk mengobati susah buang air besar, penyakit usus atau lambung, serta dapat mengobati luka dan bisul, Bunda.

Selain itu, ternyata buah tin juga diyakini memiliki manfaat pada kesuburan lho. Mengutip laman Stylecraze, buah tin dianggap sebagai buah kesuburan dan suplemen seksual yang hebat. Sebab, buah ini kaya akan kalsium, zat besi, kalium, dan seng.

Banner tips diet

Lebih lanjut, kandungan magnesium serta mineralnya dibutuhkan untuk menghasilkan hormon seks, yakni androgen dan estrogen. Sehingga buah ini dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai jenis disfungsi seksual seperti kemandulan, disfungsi ereksi, dan nafsu seksual.

Sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan tikus untuk menguji kemampuan afrodisiak dari tiga tanaman, yaitu fumitory, kayu manis Cina, dan buah tin. Penelitian ini mengukur seberapa efektif campuran dari ketiga tanaman tersebut dengan mempelajari peningkatan gairah seksual.

Hasil studi mengungkapkan bahwa tikus yang mendapatkan campuran tersebut telah mengalami peningkatan aktivitas seksual. Namun, sulit untuk menentukan mana dari ketiga tanaman tersebut yang paling berpengaruh pada peningkatan aktivitas seksual pada tikus.

Para peneliti belum mengungkap secara pasti efek afrodisiak buah tin pada manusia. Sehingga, penelitian lebih lanjut diperlukan. Meski begitu, tak sedikit yang beranggapan bahwa buah ini sebagai simbol kesuburan.

Menurut Nutrisionis Megha Mukhija, buah tin mengandung sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesuburan pria, Bunda.

"Buah tin untuk kesuburan pria dapat membantu mengatasi kemandulan pria dengan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma," kata Mukhija, dikutip dari Parenting Firstcry.

Kandungan nutrisi pada buah ini dianggap mampu meningkatkan jumlah sperma. Mengutip laman Netmeds, kandungan seperti vitamin dan mineral dapat meningkatkan produksi air mani. Selain itu, buah tin juga kaya akan antioksidan yang menjaga sel dari kerusakan sehingga mempengaruhi kesuburan.

Seperti yang diketahui, antioksidan, terutama pada folat dan seng, dapat membantu meningkatkan kesuburan baik pada pria dan juga wanita. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel dari radikal bebas dan membantu mencegahnya dari kerusakan.

Sehingga disamping melindungi sel-sel dari radikal bebas, antioksidan juga melindungi sperma dan sel telur pada pria dan wanita. Dengan demikian, pastikan untuk memasukkan buah tin ke dalam menu asupan makanan Ayah ya Bunda. Terutama ketika sudah merencanakan program kehamilan.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!