sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan ke Dokter Kandungan Saat Pemeriksaan Rutin

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 20 Sep 2021 17:48 WIB
Ilustrasi ibu hamil ke dokter kandungan cek USG caption

Jakarta - Kontrol rutin selama kehamilan sangat penting dilakukan untuk memantau kesehatan janin dan juga Bunda. Nah, pada fase ini biasanya ada banyak pertanyaan yang wajib ditanyakan ke dokter kandungan agar Bunda lebih nyaman selama menjalani kehamilan. Apa saja ya, kira-kira pertanyaannya, Bunda?

Ya, kehamilan memang menjadi fase penting yang mengubah hidup seorang wanita. Namun, seringkali ketakutan dan kekhawatiran menghantui karena tubuh mengalami banyak perubahan. Bunda pun perlu mengonsultasikan berbagai kekhawatiran tersebut pada dokter saat Bunda melakukan pemeriksaan rutin. Sehingga, kekhawatiran Bunda tentang berbagai hal selama kehamilan dapat terjawab.

Ada beberapa pertanyaan yang biasanya menjadi kekhawatiran para Bunda selama kehamilan. Biasanya yang paling umum ditanyakan yakni 'Apakah berat badan saya sehat/normal?'


Hal ini memang wajar ditanyakan ya, Bunda. Karena sedianya, ada beberapa Bunda yang kenaikannya bisa drastis dan ada juga yang sulit mengalami kenaikan terutama di fase awal kehamilan.

"Obesitas diketahui dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, diabetes, dan tekanan darah tinggi,"kata Robert Atlas, M.D, Ketua Obstetri dan Ginekologi di Mercy Medical Center, seperti dikutip dari laman Theparentingco.

Merujuk hal tersebut, tentu saja kenaikan berat badan selama kehamilan memang harus dalam pemantauan ya, Bunda. Sehingga, Bunda tahu berapa banyak berat badan yang harus dinaikkan atau diturunkan.

Selain pertanyaan di atas, beberapa pertanyaan yang wajib ditanyakan ke dokter kandungan diantaranya berikut ini ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Whattoexpect:

1. Apakah saya perlu mengubah rutinitas kecantikan saya?

Biasanya pertanyaan ini menjadi kekhawatiran para Bunda selama hamil. Apalagi, rutinitas kecantikan sebelum kehamilan selalu dilakukan. Nah, agar Bunda merasa aman, Bunda pun dapat berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter kandungan terlebih dahulu guna menghindari hal-hal yang dapat meningkatkan risiko cacat lahir akibat penggunaan berlebihan dari produk kecantikan.

2. Berapa berat badan yang harus saya naikkan?

Soal berat badan, terutama bagi Bunda yang sebelum hamil beratnya di bawah rata-rata tentu jadi pekerjaan rumah tersendiri. Biasanya, dokter akan merekomendasikan berat badan sesuai dengan BMI atau indeks massa tubuh yang dihitung berdasarkan berat dan tinggi badan. Sehingga, akan diketahui idealnya berapa berat badan yang harus dinaikkan selama kehamilan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



APA MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!