sign up SIGN UP search


kehamilan

Posisi Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan, Boleh atau Enggak Sih?

Meita Fajriana Kamis, 30 Sep 2021 19:46 WIB
Beautiful pregnant young woman  lies on sofa at home  relaxing. caption

Jakarta - Pernahkah Bunda bertanya-tanya bagaimana posisi tidur ibu hamil yang ideal? Apakah ibu hamil harus tidur miring ke kanan atau ke kiri? Apalagi saat usia kehamilan sudah mendekati persalinan, rasanya akan kurang nyaman untuk tidur terlentang.

Hal ini disebabkan karena beban di bagian perut yang semakin besar. Nah, oleh karena itu sebagian besar ibu hamil tidur miring ke samping agar lebih nyaman. Namun manakah yang lebih baik ibu hamil tidur miring ke kanan atau ke kiri ya Bunda? Yuk simak penjelasannya Bunda. 

Melansir dari dari laman What to Expect, para ahli mengatakan bahwa posisi tidur terbaik selama kehamilan adalah menghadap ke samping kiri, Bunda. Meskipun demikian, ibu hamil tidur miring ke kanan juga tidak dilarang Bunda. 


Melewati kehamilan trimester pertama, Bunda menjadi tidak mungkin untuk berbaring tengkurap karena akan tidak nyaman dan dapat menekan janin. Banyak ahli juga menyarankan agar Bunda menghindari berbaring telentang sepanjang malam. Namun jangan terlalu khawatir, jika Bunda melakukannya hanya sesaat agar tubuh lebih relaks. 

Infografis mitos kehamilanInfografis mitos kehamilan/ Foto: Infografis HaiBunda

Untuk itu menghadap ke samping kanan atau kiri saat tidur adalah pilihan yang tepat untuk ibu hamil. Selama trimester kedua dan ketiga, tidur di kedua sisi baik kiri ataupun kanan tidak ada masalah Bunda. Namun sebaiknya ibu hamil tidur miring ke kiri jika memungkinkan. Posisi ini dianggap oleh beberapa ahli ideal untuk Bunda dan calon bayi Bunda. Namun bukan berarti ibu hamil tidur miring ke kanan tidak berbahaya ya Bunda.
 
Posisi tidur miring ke kiri memungkinkan aliran darah dan nutrisi mengalir maksimal ke plasenta. Selain itu juga, saat tidur miring ke kiri dapat meningkatkan fungsi ginjal, yang berarti pembuangan produk limbah yang lebih baik dan mengurangi pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan tangan Bunda saat hamil besar. 

"Ada banyak hal yang mungkin Anda khawatirkan selama kehamilan. Posisi tidur Anda tidak perlu menjadi yang teratas. Selama Anda nyaman tidurlah dengan lebih nyenyak sebelum bayi lahir, dan Anda bersiap menjadi ibu baru," kata Carolyn Kay, M.D dokter kandungan yang berbasis di New York, Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline.

Dokter merekomendasikan untuk beristirahat di sisi manapun Bunda, baik kanan ataupun kiri, untuk memberi Bunda dan bayi aliran darah yang optimal. Selain itu, Bunda dapat mencoba menggunakan beberapa penyangga bantal untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman bagi Bunda.

Nah, untuk penjelasan mengenai posisi tidur ibu hamil bisa Bunda simak di halaman selanjutnya nih! Klik next ya.

Sedangkan untuk penjelasan lebih detail, bisa Bunda lihat dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
REKOMENDASI POSISI TIDUR SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!