sign up SIGN UP search


kehamilan

Posisi Tidur Terbaik untuk Bumil, Sudah Benarkah Cara Bunda?

Nanie Wardhani Rabu, 25 Aug 2021 07:07 WIB
Shot of a pregnant woman sleeping on a bed at home caption

Jakarta - Sejak hamil, Bunda tentu menemukan banyak sekali hal dan kebiasaan baru yang harus dijalani. Mulai dari menghindari olahraga favorit hingga menghindari makanan tertentu, daftar yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat hamil bisa jadi sedikit berlebihan.

Ditambah lagi, saat perut membesar minggu demi minggu, Bunda juga harus membiasakan diri mencoba terlelap dengan perut yang membesar. Namun, ternyata tidak semua posisi tidur baik untuk ibu hamil Bunda. 

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa penjelasan terkait posisi tidur selama kehamilan yang bisa Bunda jadikan bahan pertimbangan.


Tidur miring: kiri vs kanan

Dokter umumnya merekomendasikan tidur miring selama kehamilan, terutama seiring berjalannya waktu. Mengapa demikian? Ini berkaitan dengan aliran darah. Saat janin semakin besar, ada kemungkinan lebih besar kompresi aliran darah ke rahim.

  • Sisi kiri

Tidur miring ke kiri sering disebut sebagai skenario ideal selama kehamilan. Memosisikan diri di sisi kiri tubuh Bunda memungkinkan aliran darah yang optimal dari vena cava inferior (IVC). Vena besar ini terletak sejajar dengan tulang belakang di sisi kanan dan membawa darah ke jantung Bunda dan kemudian ke bayi.

Tidur di sisi kiri Bunda juga bisa menghilangkan tekanan dari hati dan ginjal. Ini berarti lebih banyak ruang untuk berfungsi dengan baik, membantu mengatasi masalah pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan betis.

Wanita Batak Cerai dari Bule KayaWanita Batak Cerai dari Bule Kaya/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
  • Sisi kanan

Bila sisi kiri dikatakan ideal, haruskah Bunda menghindari sisi kanan? Belum tentu. Ulasan penelitian pada 2019 menunjukkan keamanan yang sama dengan tidur di sisi kiri dan kanan. Ada sedikit risiko masalah kompresi dengan IVC saat Bunda tidur di kanan, tetapi sesungguhnya yang penting adalah posisi yang membuat Bunda merasa nyaman.

Tidur tengkurap

Ingin tahu apakah Bunda bisa tidur tengkurap selama kehamilan? Bunda pasti bisa, setidaknya untuk sementara waktu.

Sebenarnya tak apa bila Bunda ingin tidur tengkurap sampai usia kehamilan Bunda mencapai sekitar minggu 16 hingga 18. Pada saat itu, benjolan di perut Bunda mungkin tumbuh sedikit lebih besar, membuat posisi ini semakin tidak diinginkan. Ini mungkin terasa seperti Bunda mencoba tidur di atas semangka.

Selain kenyamanan, tidak banyak yang perlu dikhawatirkan jika Bunda entah bagaimana terbangun dengan posisi tengkurap karena dinding rahim dan cairan ketuban melindungi bayi dari tekanan.

Tidur telentang

Tidur telentang umumnya dianggap aman selama trimester pertama namun sebaiknya dihindari saat usia kandungan semakin tua. Posisi ini dapat menyebabkan sakit punggung, wasir, masalah pencernaan, dan sirkulasi darah yang buruk. Ini juga bisa membuat Bunda merasa pusing atau sakit kepala.

Haruskah Bunda khawatir jika terbangun di tengah malam dengan posisi telentang? Mungkin tidak, tetapi ada baiknya kemudian mencoba posisi lain.

Jika Bunda tidur nyenyak lalu sering terbangun sudah dalam posisi telentang, Bunda bisa pertimbangkan untuk meletakkan bantal tambahan di punggung Bunda. Dengan begitu, saat mencoba berguling, Bunda akan berhenti pada sudut yang masih memungkinkan darah mengalir dan memberi makan bayi.

Demikian beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang bisa Bunda terapkan selama menjalankan kehamilan Bunda. Jika Bunda ingin tidur yang lebih nyaman dan berkualitas, simak lengkapnya di halaman berikut ini Bunda.

Simak juga video tentang 7 keluhan umum saat hamil trimester 1 dan cara mengatasinya di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS TIDUR YANG NYAMAN SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!