sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil, Hindari Cara Penyajian yang Tak Disarankan

Dewi Ratna Rabu, 29 Sep 2021 14:52 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan sayuran caption

Pada dasarnya, sayuran memang punya banyak nutrisi dan manfaat bagi siapapun yang mengonsumsinya, asal dengan takaran yang tepat. Namun bunda juga perlu tahu apa saja sayuran yang baik untuk ibu hamil, karena memang ada beberapa yang justru tidak boleh dikonsumsi.

Takaran sayuran yang harus dikonsumsi ibu hamil

Sebelum mengatahui apa saja sayuran yang baik untuk ibu hamil, Bunda juga perlu tahu berapa banyak sayuran yang harus dikonsumsi setiap harinya. Ibu hamil bisa merasa lebih lapar daripada biasanya, karena juga memasok nutrisi pada janin yang tumbuh cepat.

Disarankan agar Bunda makan dalam porsi kecil dengan waktu yang lebih sering, untuk menghindari rasa lapar. Makan dengan porsi kecil juga dapat membantu meringankan masalah pencernaan yang merupakan gejala umum kehamilan.


Takaran jumlah sayuran yang perlu dikonsumsi ibu hamil disarankan 500 gram setiap harinya. Sayuran ini bisa dimakan mentah atau dimasak. Bunda boleh mengonsumsi suplemen vitamin, tapi sayuran harus tetap masuk dalam menu harian, karena ada kebutuhan serat yang tidak bisa dipenuhi dari minum suplemen vitamin saja.

Sayuran yang Baik untuk Ibu Hamil

Ada banyak jenis sayuran yang sehat dan bisa dikonsumsi saat hamil. Dari daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil, berikut 8 di antaranya yang disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

1. Ubi Jalar

Makanan yang satu ini termasuk salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil karena merupakan sumber vitamin A, B, dan C yang sangat baik.

2. Bit

Bit mengandung vitamin dan serat yang tinggi. Salah satu sayuran yang baik untuk ibu hamil ini juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Paprika

Bayangkan paprika dalam topping pizza, atau pada sela tusukan sate saat berbeque party, nampak nikmat ya. Paprika ini ternyata termasuk sayuran yang baik untuk ibu hamil, yang kaya akan vitamin dan serat makanan.

4. Brokoli

Sayur yang satu ini dikenal tinggi vitamin C, K, dan folat. Brokoli juga terbukti bermanfaat untuk mengurangi sembelit.

5. Kacang Hijau

Termasuk dalam jajaran sayuran yang baik untuk ibu hamil, kacang hijau ini kaya akan vitamin C dan K, serta juga serat. Konsumsi kacang hijau saat hamil sering dipercaya bikin rambut bayi tumbuh lebat.

6. Sayuran berdaun gelap

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau merupakan makanan yang tinggi serat, karotenoid, dan juga vitamin C. Sayuran berdaun gelap juga cenderung kaya folat.

7. Peterseli

Mungkin tak smeua Bunda sering mengonsumsi salah satu sayur yang baik untuk ibu hamil ini. Peterseli mengandung protein yang tinggi, kaya vitamin E, dan juga riboflavin.

8. Tomat

Sayuran yang baik untuk ibu hamil termasuk tomat. Kaya akan vitamin C, K, dan biotin, tomat dibutuhkan juga untuk kesehatan dan pertumbuhan janin.

Sayuran yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Ada sayuran yang baik untuk ibu hamil, tapi ada juga yang harus dihindari. Bunda wajib tahu supaya tidak salah konsumsi, berikut ini sayuran atau cara penyajian yang tidak disarankan:

  • Kecambah mentah, termasuk kacang hijau, semanggi, dan alfalfa.
  • Semua produk yang tidak dicuci.
  • Lobak mentah.
  • Campuran salad dalam kemasan.
  • Item dalam salad bar dari kaleng

Sebagai catatan, kecambah dan lobak aman dikonsumsi jika dimasak terlebih dahulu. Sementara untuk sayuran kaleng atau kemasan lainnya, bisa diganti dengan sayur dan buah-buahan segar yang lebih lengkap nutrisinya.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!