sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin, Bunda Perlu Tahu

Kinan   |   Haibunda Senin, 16 Aug 2021 16:20 WIB
Pregnant mid adult woman holding bunch of carrots in the kitchen, preparing food. caption

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang disukai hampir semua orang. Selain murah dan mudah didapat, wortel juga mengandung banyak nutrisi termasuk bagi ibu hamil. Apa saja ya manfaat wortel?

Dikutip dari Parenting First Cry, wortel memiliki beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, natrium, fosfor, kalium dan magnesium.

Selain itu, wortel juga mengandung sejumlah karbohidrat, protein, serat, mangan, selenium dan zinc.


Agar Bunda lebih memahami lagi, berikut ulasan tentang ragam manfaat wortel untuk kesehatan ibu hamil dan janin:

1. Menjaga kesehatan mata

Menjadi salah satu asupan alami yang kaya akan vitamin A, wortel sangat baik untuk kesehatan mata selama kehamilan. Bahkan tidak hanya merawat mata Bunda, konsumsi wortel juga bermanfaat untuk perkembangan mata janin, lho.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Wortel mengandung vitamin C tinggi, yang sangat bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh bunda hamil. Seperti diketahui, imunitas mudah drop selama kehamilan. Jadi, mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh Bunda.

3. Mengoptimalkan perkembangan janin

Konsumsi wortel sangat efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, karena wortel mengandung banyak kalsium dan vitamin A karoten yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

4. Mencegah anemia

Mengonsumsi wortel dalam diet harian dapat membantu mencegah anemia pada kehamilan. Tidak hanya kaya akan zat besi, wortel juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

5. Membantu meredakan sembelit

Sembelit adalah salah satu masalah yang paling umum dihadapi oleh bunda hamil. Nah, jika Bunda sedang mengalaminya, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel, ya.

Wortel memiliki kandungan serat, yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Selain itu, manfaat wortel juga membantu mencegah masalah pencernaan lainnya.

6. Mencegah kram selama kehamilan

Banyak wanita yang mengalami kram dan kekakuan otot selama kehamilan. Meskipun ini adalah masalah kehamilan yang sangat umum, namun tetap bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Wortel mengandung fosfor di dalamnya, yang membantu mengoptimalkan fungsi otot selama kehamilan dan mencegah segala jenis kram.

7. Mengatasi hipertensi gestasional

Bunda hamil juga rentan mengalami hipertensi gestasional, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi lain dalam kehamilan. Konsumsi wortel diketahui dapat mengurangi risiko hipertensi gestasional, karena memiliki kandungan serat dan beta karoten yang baik.

8. Membantu pembentukan tulang janin

Wortel mengandung mangan, yang merupakan mineral penting dalam proses pembentukan tulang dan tulang rawan janin.

Sayuran berwarna oranye ini juga mengandung kalsium, yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi Bunda. Jadi, jangan lupa rutin konsumsi wortel selama kehamilan, ya. 

9. Mengoptimalkan perkembangan saraf janin

Kandungan vitamin B dan asam folat dalam wortel bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin. Manfaat wortel lainnya bagi saraf janin yakni mengurangi risiko cacat lahir seperti spina bifida.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Dilansir Being The Parent, saat hamil wanita rentan mengalami masalah kulit. Konsumsi wortel yang kaya nutrisi dan antioksidan alami pun disarankan untuk menjaga kulit calon bunda dan si Kecil tetap sehat.

Tips aman mengonsumsi wortel saat hamil

Meski manfaat wortel untuk bunda hamil cukup beragam, namun cara konsumsinya harus tepat agar efeknya maksimal. Salah satunya utamakan memilih wortel yang masih segar. Cara memilihnya, patahkan ujung wortel dan jika mudah pecah maka wortel masih segar.

Setelah itu jangan lupa mencuci wortel dengan baik untuk menghilangkan sisa kotoran. Sebab, wortel merupakan salah satu jenis sayuran akar. 

Sebagian ahli menyebutkan bahwa beberapa nutrisi wortel terdapat di kulitnya, sehingga tak perlu dikupas secara keseluruhan. Maka dari itu, proses pembersihannya harus tepat.

Saat mengolah wortel, pastikan juga sudah matang sebelum dikonsumsi ya, Bunda.

Yang tak kalah penting, tetap perhatikan konsumsi sumber vitamin A lain selama kehamilan. Sebab vitamin A yang berlebihan justru tidak dianjurkan bagi bunda hamil.

Demikian ulasan tentang ragam manfaat wortel bagi kesehatan bunda hamil dan janin. Yuk rajin makan sayur agar tubuh tetap sehat!

(som/som)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!