sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Manfaat Buah Markisa bagi Ibu Hamil, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani Jumat, 08 Oct 2021 15:20 WIB
Ilustrasi ibu hamil makan buah markisa caption

Selain rasanya yang enak, ternyata buah markisa juga memiliki manfaat yang banyak untuk Bunda hamil lho. Apakah Bunda saat ini sedang hamil dan ingin menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi Bunda yang belum lahir? Apakah Bunda ingin memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat selama kehamilan Bunda?

Jika Bunda menjawab ya untuk pertanyaan di atas, maka Bunda harus memasukkan buah markisa ke dalam pilihan menu sehari-hari Bunda. Buah markisa menawarkan banyak manfaat kesehatan dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh Bunda yang sedang hamil.


Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui apakah buah markisa aman selama kehamilan dan bagaimana memakan buah markisa dapat memberikan banyak kebaikan bagi Bunda.

Apa itu buah markisa?

Buah markisa berasal dari Brasil, Argentina, dan Paraguay. Buah ini kaya akan vitamin A, C, B2, B6, dan B3. Buah ini juga merupakan sumber berbagai serat makanan dan mineral seperti Kalium, Besi, Fosfor, Tembaga, dan Magnesium. Buah markisa menawarkan banyak manfaat kesehatan selama kehamilan. Juga, karena tidak ada efek samping dari makan buah markisa selama kehamilan, Bunda dapat dengan aman melanjutkan dan menikmati kebaikannya.

Seperti dilansir dari Momjunction, berikut sembilan manfaat kesehatan buah markisa yang bisa dinikmati selama kehamilan:

1. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin

Buah markisa kaya akan antioksidan, serat, vitamin, mineral, dan banyak nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Jadi makan buah markisa saat hamil akan memastikan Bunda segera memiliki bayi yang sehat.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah markisa populer untuk penguatan kekebalan karena mengandung vitamin C, beta-cryptoxanthin, dan alfa-karoten dalam jumlah tinggi. Antioksidan ini membantu menetralkan aktivitas radikal bebas, mencegah kerusakan sel, mengurangi stres oksidatif dan memastikan kehamilan yang sehat. Peningkatan kekebalan akan membantu Bunda melawan beberapa infeksi dan menikmati kehamilan yang aman.

3. Memastikan kesehatan tulang yang baik

Buah markisa kaya akan mineral, seperti fosfor, besi, magnesium, dan tembaga. Konsumsinya meningkatkan kepadatan tulang mineral dan membuat tulang Bunda kuat. Penting untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat saat hamil. Mengonsumsi buah ini juga membantu mencegah atau mengurangi gejala osteoporosis dan nyeri sendi saat hamil.

4. Mengurangi insomnia dan gelisah

Markisa mengandung alkaloid obat, seperti harman, yang memberikan efek sedatif. Jadi, makan buah selama kehamilan efektif meminimalkan kegelisahan, kecemasan, dan insomnia.

5. Meminimalkan masalah pernapasan

Buah yang lezat dan kaya manfaat ini bekerja sebagai ekspektoran yang sangat baik. Bunda bisa mengonsumsi ekstrak buah sambil menunggu meredakan gejala mengi, batuk, dan asma. 

6. Meningkatkan fungsi dan kesehatan pencernaan

Buah markisa kaya akan serat, dan hanya satu porsi buah markisa menawarkan sekitar 98 persen dari kebutuhan harian nutrisi penting. Asupan buah secara teratur meningkatkan pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus. Ini mencegah sembelit, keluhan umum selama kehamilan.

7. Mengatur tekanan darah

Buah markisa kaya akan potasium, yang merupakan mineral penting bagi tubuh manusia. Kalium bertindak sebagai vasodilator, melemaskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Jadi, makan buah memastikan tekanan darah Bunda tetap terkendali, dan Bunda menikmati kesehatan jantung yang baik selama sembilan bulan penting ini.

8. Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah markisa memastikan peningkatan produksi hemoglobin. Jumlah RBC yang baik melebarkan pembuluh darah yang memungkinkan darah beroksigen mengalir bebas ke seluruh bagian tubuh. Ini juga membantu meningkatkan fungsi semua organ saat Bunda hamil. Tambahkan buah markisa ke dalam diet kehamilan Bunda untuk mencegah ancaman anemia dan komplikasi terkait.

9. Meningkatkan kesehatan kulit dan mata

Vitamin A dalam buah dapat mencegah risiko katarak, rabun senja, dan masalah terkait mata lainnya. Buah markisa ini juga meningkatkan kesehatan kulit Bunda, dan Bunda dapat memenangkan pujian selama kehamilan untuk wajah bercahaya dengan mengonsumsi buah markisa yang kaya manfaat super ini!

Demikian berbagai manfaat buah markisa terutama bagi ibu hamil. Pastikan Bunda tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Kemudian jika kehamilan Bunda berisiko ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu ke dokter kandungan mengenai makanan apa yang baik untuk dikonsumsi.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!