sign up SIGN UP search


kehamilan

Viral Video Bidan 'Julid' Pasien KB Tidak Bersuami, Ini Kata dr Tirta

Annisa Karnesyia Jumat, 12 Nov 2021 22:00 WIB
Alat kontrasepsi caption
Jakarta -

Media sosial kembali ramai usai viral video TikTok seorang bidan dianggap melakukan judgemental pada pasiennya. Bidan yang tidak diketahui identitasnya ini mengunggah video tentang pasien wanita yang ditemuinya, Bunda.

Bidan itu menceritakan bahwa seorang pasien datang kepadanya karena membutuhkan proteksi dari KB (Keluarga Berencana). Menurut pengakuannya, pasien KB itu belum memiliki suami.

Unggahannya pun menjadi viral karena banyak netizen menganggap bidan itu melakukan judgemental ke pasien yang hendak KB. Apalagi, dia menunjukkan ekspresi yang dinilai tak etis, Bunda.


"Ekspresi aku ketika ketemu pasien KB yang belum punya suami," tulisnya dalam video tersebut.

Banner Tips Merawat Tanaman Hias Indoor

Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Emi Nurjasmi, ikut menanggapi viralnya video ini. Emi menegaskan bahwa bidan seharusnya tidak melihat apakah pasien penerima KB sudah atau belum menikah.

Terlepas dari kondisi apa pun, kontrasepsi bertujuan untuk melindungi semua perempuan, baik yang mau merencanakan kehamilan atau menundanya.

"Jadi sebetulnya di dalam konsepnya kita berorientasinya kepada perempuannya. Jadi mestinya tidak dilihat apakah dia punya suami atau tidak punya suami karena orientasi kita adalah untuk melindungi dan menyelamatkan perempuan," ujar Emi.

Tak hanya itu, Emi juga mengungkit soal kode etik tenaga kesehatan dalam bekerja. Menurutnya, tenaga kesehatan seperti bidan tidak boleh menyebar dan menyampaikan informasi tentang pasiennya, termasuk di media sosial.

"Kita kan punya kode etik profesi juga, sama dengan dokter dan semua profesi kesehatan pasti punya kode etik profesi. Itu sudah jelas kode etik profesi bagaimana kita menginformasikan tentang klien tidak boleh dan lain sebagainya itu rahasia klien," katanya.

Selain Emi, dokter sekaligus influencer, Tirta Mandira Hudhi alias dr Tirta, juga ikut berkomentar tentang viralnya video bidan ini. Tirta menganggapi unggahan akun Twitter yang membahas soal video tersebut.

Tak berbeda dengan Emi, Tirta juga menganggap bahwa urusan pribadi pasien seharusnya tidak dijadikan konten. Apa saja isi komentar dr Tirta terkait video viral ini?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga dampat tidak menggunakan KB pada kesuburan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!