sign up SIGN UP search


kehamilan

Viral Ibu Hamil Alami Mom Shaming oleh Bidan, Diduga Terjadi di Puskesmas

Annisa A Rabu, 06 Oct 2021 11:55 WIB
Worried pregnant woman sitting on a couch in the living room at home caption
Jakarta -

Ketika hendak melahirkan, ibu hamil seharusnya mendapat persiapan serta dukungan yang baik dari segi medis dan psikologis. Namun nasib malang justru menimpa bunda hamil yang satu ini.

Kejadian tidak menyenangkan menimpa seorang wanita hamil di sebuah puskesmas. Kejadian itu sempat viral di media sosial belakangan ini, Bunda.

Akun TikTok bernama @stevfanywijjaya viral usai menceritakan kisah yang dialami oleh seorang wanita hamil. Kejadian yang diduga terjadi di Jakarta itu dibagikan oleh banyak pengguna media sosial mulai dari Instagram hingga Twitter.


Dalam videonya, akun TikTok @stevfanywijjaya bercerita bahwa saudaranya yang sedang hamil pergi ke sebuah puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kehamilan.

Banner Pesan Novel Baswedan untuk Istri

Usia kandungan saudaranya telah mencapai sembilan bulan dan sebentar lagi akan segera melahirkan, Bunda. Namun sayangnya, ia justru diduga mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan ketika sampai di puskesmas.

"Jadi saudara saya sedang hamil 9 bulan dan sudah mengeluarkan bercak seperti tanda mau lahiran, lalu dia ke puskesmas sendiri karena merantau di Jakarta. Lalu sesampainya di puskesmas tersebut dia mendapatkan kekerasan mental," tulis akun @stevfanywijjaya.

Wanita hamil itu diduga mengalami pelecehan verbal yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Bidan di puskesmas itu disebut-sebut telah melakukan kata yang tidak pantas disampaikan kepada pasien.

"Ada beberapa bidan di situ, sekitar 3-5 orang semuanya tidak bermoral dan beretika, dan yang membuat saya sangat marah adalah ketika saat mereka mengecek pembukaan bumil lalu mengatakan 'keputihannya banyak banget'," ungkapnya.

"Lalu salah satu bidan ada yang menjawab 'Ih, jorse (jorok sekali)' Pantaskah seorang tenaga medis berbicara seperti ini?" sambung Stevfany.

Tak hanya itu, Stevfany juga bercerita bahwa saudaranya kesulitan mendapatkan akses pemeriksaan kehamilan dengan memakai BPJS. Ia tidak diperbolehkan memakai BPJS lantaran tidak datang bersama suami. Padahal wanita hamil itu diketahui sedang merantau sendirian di Jakarta, Bunda.

"Saya baru tahu BPJS memilih seseorang berdasarkan suami? Kasihan wanita-wanita single parent berjuang sendirian," ucapnya.

Stevfany semakin dengan perlakuan yang dialami oleh saudaranya. Akibat datang seorang diri ketika sedang hamil, kehadiran suami wanita itu sangat dipertanyakan oleh para tenaga kesehatan. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

Saksikan juga video perlakuan manis Derby Romero ketika istrinya hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

SUAMI DIPERTANYAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!