sign up SIGN UP search


kehamilan

Lahap 6 Makanan Lezat Ini agar Bumil Terhindar dari Anemia

Dewi Ratna Kamis, 25 Nov 2021 18:40 WIB
pregnant woman have a pain standing Foto: Getty Images/franckreporter

Jakarta - Dalam setengah perjalanan kehamilan menuju kelahiran, di sekitar trimester kedua dan ketiga, tubuh Bunda memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk memasok kebutuhan ibu dan janin. Karenanya Bunda perlu makanan penambah darah di masa ini.

Setiap sel darah merah diproduksi dengan zat besi sebagai bahan utamanya. Zat besi itu sendiri tidak dapat diproduksi langsung oleh tubuh, dan harus diserap dari makanan yang Bunda konsumsi. Itulah kenapa dibutuhkan makanan penambah darah.

Ibu hamil rawan anemia

Meskipun zat besi bisa ditemukan dalam banyak makanan penambah darah, kandungannya sulit diserap tubuh. Sulit bagi Bunda untuk mendapatkan cukup zat besi untuk memenuhi kebutuhannya selama masa kehamilan. Sehingga, ibu hamil rentan mengalami anemia.


Anemia defisiensi zat besi sangat umum terjadi pada ibu hamil, tapi sebenarnya mudah untuk diatasi kok. Tubuh Bunda juga membutuhkan nutrisi yang disebut folat untuk memproduksi sel darah yang sehat. Folat mudah diserap dan ditemukan di sebagian besar sayuran hijau.

Penyebab anemia di antaranya adalah buruknya asupan makanan kaya zat besi dan folat. Selain itu, juga terjadinya peningkatan hancurnya sel darah merah yang terkadang bisa terjadi selama sakit.

Banner Tren Diet KpopBanner Tren Diet Kpop/ Foto: HaiBunda/Mia

Asupan zat besi untuk ibu hamil

Mengingat bahwa anemia selama kehamilan bisa berisiko pada janin dan Bunda sendiri, perlu untuk lebih rutin konsumsi makanan penambah darah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan khawatir, karena makanan penambah darah tidak hanya bisa didapat dari protein hewani. Untuk Bunda yang vegetarian, ada juga beberapa jenis sayuran yang bisa dikonsumsi sebagai sumber zat besi.

Namun perlu diingat untuk menghindari makan daging dan ikan mentah ya, Bunda. Daging dan ikan yang belum dimasak dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri yang sangat berbahaya selama kehamilan.

Di halaman berikut ini Bunda bisa mendapatkan informasi tentang beberapa jenis makanan penambah darah yang memberikan asupan zat besi serta vitamin dan nutrisi lainnya, dan aman dikonsumsi selama masa kehamilan.

Klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak pula video tentang 5 jus penambah darah untuk ibu hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
6 MAKANAN PENAMBAH DARAH UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!