sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Penyebab Perut Sakit Saat Hamil, Waspada Salah Satunya Karena Kematian Janin

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 26 Dec 2021 11:03 WIB
Ilustrasi hamil sakit kepala atau stres caption
Jakarta -

Apakah Bunda saat ini sedang hamil muda? Biasanya dalam fase ini ada beberapa keluhan yang sedang Bunda alami, salah satunya adalah sakit perut saat hamil muda.

Di antara bentuk rasa sakit itu bisa berupa morning sickness, mual, muntah, dan sakit perut. Hal ini adalah sesuatu yang wajar bagi ibu hamil apalagi jika berada di trimester pertama sehingga Bunda tidak perlu khawatir. Namun, hal tersebut tidak bisa dianggap sepele.


Lalu, apa sebetulnya penyebab dari rasa sakit di bagian perut saat trimester pertama masa kehamilan? Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai penyebab perut sakit saat hamil.


Banner Kampung Miliuner CilacapFoto: HaiBunda/Mia

1. Gas menumpuk di perut

Penyebab pertama mengapa perut menjadi sakit saat sedang hamil adalah menumpuknya gas di dalam perut. Dengan kondisi tersebut tentu membuat Bunda tidak nyaman dan timbul rasa sakit.

Penyebab dari adanya gas yang menumpuk tersebut adalah meningkatnya kadar hormon progesterone pada tubuh. Maka dari itu, semakin banyak hormon yang dikeluarkan oleh tubuh, maka semakin lambat pula saluran pencernaan yang akan bekerja.

Dampak dari hal ini adalah waktu yang diperlukan untuk mencerna makanan di dalam usus menjadi jauh lebih lama. Sehingga berakibat perut menjadi berisi gas dan timbul rasa sakit.

2. Adanya Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Penyebab kedua mengapa perut sakit saat hamil adalah adanya infeksi saluran kencing. Jika Bunda mengalami rasa nyeri di bagian perut bawah dan rasa sakit tersebut terasa saat buang air kecil, maka bisa jadi hal tersebut adalah tanda Infeksi Saluran Kencing (ISK).

ISK sendiri adalah infeksi yang terjadi di bagian saluran kemih bernama ureter yaitu saluran yang mengalirkan urine menuju ke kandung kemih dari ginjal, kandung kemih, dan terakhir uretra yaitu saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan lingkungan lain di luar tubuh. Apabila Bunda mengalami gejala tersebut maka ada baiknya jika langsung memeriksakan diri ke dokter.

3. Mengalami abrupsi di plasenta

Penyebab berikutnya mengapa perut sakit saat hamil adalah abrupsi. Salah satu bagian tubuh dalam ibu hamil yang sangat penting bagi janin yaitu plasenta.

Namun, plasenta diketahui bisa menyebabkan kram, sakit perut, bahkan hingga pendarahan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan plasenta tersebut meluruh atau lepas sehingga darah dan nutrisi bagi janin tidak lagi bisa dialirkan ke dalam kandungan. Situasi yang satu ini biasa disebut dengan abrupsi. Pada tingkat yang paling parah, abrupsi bisa menyebabkan janin mati di dalam kandungan sehingga Bunda perlu berhati-hati dan waspada pada gejala satu ini. (PK)


Simak juga video berikut mengenai serba serbi strech mark saat hamil.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!