sign up SIGN UP search


kehamilan

Tes Kehamilan dengan Pasta Gigi, Akurat Enggak sih Bun?

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 15:00 WIB
Side view of young cheerful pregnant model standing at window with beautiful city scenery and drinking hot beverage. Future mom relaxing at home with tea or coffee. Copyspace caption

Jakarta - Tes kehamilan dengan pasta gigi? Mungkin terdengarnya aneh, tetapi tes kehamilan menggunakan pasta gigi ini benar-benar ada lho, Bunda.

Beberapa wanita telah mencoba menggunakan pasta gigi untuk mengetahui apakah mereka hamil atau tidak. Namun, apakah tes kehamilan menggunakan pasta gigi akurat untuk menentukan kehamilan atau tidak? Simak penjelasan berikut ini, ya Bunda.

Cara kerja tes kehamilan dengan pasta gigi

Untuk melakukan tes kehamilan ini, diperlukan pasta gigi dan beberapa tetes urine. Konon, reaksi yang dihasilkan mampu menunjukkan apakah Bunda hamil atau tidak, meskipun secara ilmiah tidak masuk akal.


Secara teori, asam dalam hCG dalam urine ibu hamil dapat menyebabkan pasta gigi berbusa. Namun. keasaman urine orang yang tidak hamil dapat memiliki efek yang sama. 

Saat Bunda mengandung Si Kecil, tubuh Bunda mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG), hormon ini mengandung asam amino. Pasta gigi mengandung bahan kimia yang disebut kalsium karbonat.

Ketika kalsium karbonat dalam pasta gigi digabungkan dengan asam amino hCG dalam urine, secara teoritis dapat menghasilkan gas karbon dioksida. Dengan kata lain, itu akan berbusa.

“Busa dalam pasta gigi disebabkan asam dalam urine yang bereaksi dengan kalsium karbonat dalam pasta gigi untuk mengeluarkan karbon dioksida,” kata Stuart Gale, pemilik dan kepala apoteker di Oxford Online Pharmacy, dikutip dari GoodtoKnow.

Bila Bunda tertarik, berikut ini langkah-langkah melakukan tes kehamilan dengan pasta gigi:

  • Ambil pasta gigi biasa secukupnya ke dalam cangkir atau wadah kosong.
  • Pisahkan urine Bunda di wadah terpisah.
  • Tuangkan sampel urine ke dalam wadah yang berisi pasta gigi secara perlahan.
  • Periksa reaksi dari tes kehamilan pasta gigi tersebut.

Campuran tersebut akan menyebabkan reaksi pasta gigi mulai berbusa atau membiru jika Bunda hamil. Namun, karena urine biasanya asam, ada kemungkinan campurannya tetap akan berbusa. Perlu diingat Bunda bahwa tes kehamilan ini sebenarnya tidak dapat memastikan positif hamil atau tidak.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Apakah tes kehamilan pasta gigi akurat?

Tidak, tes kehamilan pasta gigi ini tidak akurat, ya Bunda. Tes ini juga bukan cara yang dapat diandalkan untuk mengonfirmasi kehamilan. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pasta gigi dapat mendeteksi hormon kehamilan dalam urine wanita.

Urine mengandung asam, sedangkan salah satu bahan pasta gigi umumnya adalah kalsium karbonat. Kalsium karbonat yang dikombinasikan dengan asam terkadang menyebabkan reaksi busa.

Jadi, tes kehamilan pasta gigi yang berbusa bukan indikasi kehamilan, bisa jadi pasta gigi bereaksi terhadap asam. Sebenarnya, baik pria maupun wanita tidak hamil bisa mendapatkan hasil yang sama dari tes ini.

Selain tes kehamilan menggunakan pasta gigi, berikut ini ada beberapa tes kehamilan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah. Simak halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak juga video tentang 3 manfaat tes darah saat hamil di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



TES KEHAMILAN MENGGUNAKAN BAHAN-BAHAN DI RUMAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!