sign up SIGN UP search


kehamilan

Priobiotik Ternyata Ampuh Kurangi Rasa Mual dan Muntah saat Hamil

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 13:34 WIB
pregnant young woman caption

Jakarta - Sebagian ibu hamil memang tidak akan mengalami muntah yang berlebihan, tetapi banyak yang merasa tidak nyaman karena mual. Rasa mual adalah kondisi yang tidak menyenangkan dan dapat muncul dalam berbagai situasi, termasuk pada awal kehamilan.

Namun, ada penelitian yang menemukan bahwa probiotik mampu mengurangi mual dan muntah selama kehamilan. Apakah benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya Bunda.

Priobiotik dapat mengurangi mual dan muntah

Probiotik disebut sebagai bakteri menguntungkan dan dapat ditemukan dalam makanan seperti yogurt, kimchi, asinan kubis, dan tempe. Probiotik juga tersedia sebagai suplemen makanan.


Menurut The National Center for Complementary and Integrative Health, selain vitamin, probiotik atau prebiotik adalah suplemen makanan ketiga yang paling umum digunakan untuk orang dewasa.

Selama kehamilan, hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat, membawa banyak perubahan fisik. Peningkatan ini juga dapat mengubah mikrobioma usus, yang kemungkinan memengaruhi fungsi sistem pencernaan dan menyebabkan gejala yang tidak diinginkan, seperti mual, muntah, dan sembelit.

Para peneliti meneliti apakah suplementasi dengan probiotik dapat bermanfaat untuk fungsi gastrointestinal selama kehamilan. Penelitian berlangsung selama 16 hari, sebanyak 32 peserta mengonsumsi kapsul probiotik dua kali sehari selama enam hari dan kemudian mengambil cuti dua hari.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Probiotik tersedia tanpa resep dan sebagian besar mengandung lactobacillus. Setiap kapsul berisi sekitar 10 miliar kultur hidup pada saat pembuatan.

Selama 17 hari, peserta mengamati apa saja gejala yang mereka rasakan. Total ada 535 pengamatan bagi para peneliti untuk menilai secara statistik.

Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi probiotik secara signifikan dapat mengurangi mual dan muntah. Jam mual berkuang 16 persen dan jumlah kondisi berkurang 33 persen.

Asupan probiotik juga secara signifikan meredakan gejala yang berkaitan dengan kualitas hidup, seperti kelelahan, nafsu makan yang buruk, dan kesulitan mempertahankan aktivitas sosial yang normal. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa probiotik juga dapat mengurangi sembelit secara signifikan.

“Selama bertahun-tahun, saya telah mengamati bahwa probiotik dapat mengurangi mual dan muntah serta meringankan sembelit. Sangat menggembirakan bahwa penelitian ini membuktikan kebenarannya,” kata Albert T Liu, profesor kebidanan dan ginekologi, dikutip dari SciTechDaily.

Berdasarkan penelitian tersebut telah ditemukan bahwa probiotik dapat mengurangi mual dan muntah bagi ibu hamil. Lalu, apakah ada cara yang lain untuk mengurangi kedua hal tersebut? Simak di halaman berikutnya, ya Bunda.

Simak pula video tentang 7 keluhan umum saat hamil di trimester 1 di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA ALAMI MENGURANGI MUAL DAN MUNTAH PADA BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!