sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil, Atasi Mual hingga Tingkatkan Nafsu Makan

Annisa Karnesyia Senin, 15 Nov 2021 20:54 WIB
Daun Pandan Ilustrasi Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil/ Foto: Getty Images/iStockphoto/showcake
Jakarta -

Bunda pasti sudah enggak asing lagi dengan daun pandan ya. Aroma khas daun berwarna hijau ini sering digunakan untuk untuk memasak makanan agar wangi. Namun, siapa sangka kalau daun pandan juga bermanfaat untuk kehamilan lho.

Bagi masyarakat Indonesia, daun pandan biasanya digunakan sebagai pewarna hijau makanan yang alami. Umumnya, pewarna makanan daun pandan dipakai untuk membuat kue.

Mengutip laman Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Kementerian Pertanian RI, daun pandan ternyata enggak cuma digunakan sebagai bumbu masak. Daun pandan wangi atau Pandanus amaryllifolius juga bermanfaat untuk kesehatan.


Tanaman pandan mudah tumbuh di dataran rendah atau dataran tinggi. Bentuk daun pandan seperti pita, berujung lancip dengan tepi rata atau bergerigi dan duri di sudut daunnya.

Daun pandan memiliki aroma wangi yang khas, Bunda. Penyebab utama aroma ini karena adanya kandungan senyawa kimia 2AP (2 Acetyl 1 pyrroline/ACPY), yang merupakan turunan dari asam amino fenilalanin. Daun pandan mengandung sejumlah senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan.

Nutrisi daun pandan

Daun pandan wangi mengandung senyawa-senyawa kimia seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tannin, polifenol, dan zat warna. Kandungan senyawa-senyawa tersebut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho, Bunda.

Melansir dari Web MD, daun pandan juga merupakan sumber vitaminn dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Beberapa vitamin yang terkandung dalam daun ini adalah beta karoten, vitamin C, tiamin, riboflavin, dan niacin.

Daun pandan juga mengandung serat yang baik untuk saluran cerna. Dalam pengobatan Ayurveda, daun pandan wangi sering digunakan untuk mengobati sakit tertentu.

Ibu hamilIlustrasi Ibu Hamil Minum Rebusan Daun Pandan/ Foto: iStock

Manfaat daun pandan untuk ibu hamil

Daun pandan boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Sejauh ini, belum banyak studi yang meneliti dampak daun pandan untuk ibu hamil. Namun bila Bunda khawatir tentang penggunaannya, bisa dikonsultasikan dulu ke dokter ya.

Nah, melansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat daun pandan untuk ibu hamil:

1. Mengatasi mual dan muntah

Mual dan muntah biasanya terjadi di awal kehamilan karena peningkatan hormon di tubuh. Banyak orang percaya, mual dan muntah bisa diatasi dengan pengobatan tradisional dan salah satunya dengan minum air daun pandan.

Penelitian yang dilakukan Dosen Kebidanan Universitas Fort De Kock Bukittinggi, Febriyeni dan Visti Delvina tahun 2019 menemukan, pemberian minuman jahe dan daun pandan bisa menurunkan mual dan muntah di trimester pertama kehamilan. Studi ini telah diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan tahun 2021.

Penelitian yang dilakukan pada 10 sampel ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Abai Kabupaten Solok Selatan Tahun 2019 menemukan, pemberian minuman jahe dan daun pandan satu kali sehari selama 4 hari bisa menurunkan rata-rata derajat mual muntah dari 7,7 menjadi 3,87.

2. Mengontrol kadar gula darah

Gula darah yang tinggi dapat memicu diabetes dan bisa berdampak buruk pada kehamilan. Untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah, Bunda bisa konsumsi rebusan air atau teh daun pandan.

"Pandan dapat membantu mengelola kadar gula darah dalam tubuh," kata ahli nutrisi Miho Hatanaka, RDN, L.D., dikutip dari Healthline.

Penelitian yang diterbitkan dalam Pharmacognosy Magazine tahun 2015 menunjukkan, daun pandan dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam mengatasi diabetes. Ekstrak daun pandan dapat menurunkan glukosa darah postprandial, merangsang sekresi insulin dari sel beta pankreas pada objek penelitian tikus, dan menghambat aktivitas enzim alfa glikosidase.

3. Anti-kanker

Menurut Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian Kemenpan, daun pandan bisa menghambat perkembangan sel kanker karena mengandung antioksidan dan betaionone, Bunda. Balittas Kemenpan menjelaskan bahwa beberapa penelitian menyebutkan, kandungan betaionone di daun pandan memiliki aktivitas anti-kanker dan telah terbukti dapat mengurangi berkembangnya aktivitas kanker.

Selain itu, daun pandan juga mengandung antioksidan, seperti beta karoten, vitamin E, senyawa-senyawa fenolic, dan asam askorbat. Aktivitas senyawa antioksidan ini dapat mengurangi kerusakan sel tubuh dan penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker.

4. Antibakteri dan antimikroba

Manfaat lain daun pandan wangi untuk kehamilan yakni sebagai antibakteri dan antimikroba, Bunda. Pandan wangi mengandung beberapa jenis alkaloid, yakni pandanin.

Senyawa ini dipercaya sebagai antibakteri dan antimikroba yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit tifus. Tak hanya itu, kandungan senyawa di daun ini juga bisa melawan virus, seperti virus influenza (H1N1).

5. Mengatasi stres atau rasa cemas

Konsumsi daun pandan selama kehamilan ternyata bisa mengatasi stres dan rasa cemas lho, Bunda. Daun ini cocok dikonsumsi di trimester ketiga atau jelang persalinan.

Selain stres dan gelisah, daun pandan dapat mengatasi insomnia atau sulit tidur. Daun ini dapat diberikan sebagai relaksan karena mengandung tannin yang bersifat penenang.

6. Mengobati demam dan sakit kepala

Tak cuma sebagai anti-kanker, daun pandan bisa digunakan sebagai tanaman herbal untuk atasi demam. Air rebusan daun pandan terbukti memiliki efek anti-inflamasi, Bunda.

Daun pandan dapat memberikan efek mendinginkan untuk pengobatan demam, batuk, dan sakit kepala. Beberapa penelitian menemukan bahwa rebusan daun pandan juga bisa meredakan infeksi di saluran kemih.

7. Meningkatkan nafsu makan

Nafsu makan bisa menurun selama hamil karena perubahan hormon di tubuh. Padahal, Bunda enggak boleh melewatkan waktu makan selama hamil untuk memenuhi asupan nutrisi ke janin.

Nah, kalau nafsu makan sudah mulai menurun, Bunda bisa lho minum air rebusan daun pandan. Aroma wangi daun hijau ini diyakini bisa merangsang nafsu makan yang disebabkan karena kondisi medis, perubahan hormon, atau gejala psikologis. Minumlah air rebusan daun pandan setidaknya dua kali sehari untuk mengembalikan nafsu makan yang hilang selama hamil.

Selamat mencoba ya, Bunda!

Simak juga 3 sumber makanan kaya zat besi untuk Bunda hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!