sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Persiapan Melahirkan Saat Libur Tahun Baru, Catat Nomor Darurat hingga WA Dokter

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 26 Dec 2021 11:38 WIB
Ibu hamil caption
Jakarta -

Banyak hal perlu disiapkan jelang proses persalinan, Bunda. Apalagi bila Hari Perkiraan Lahir (HPL) kita ternyata bersamaan dengan libur Nataru (Natal dan Tahun Baru).

Bagi Bunda hamil alias Bumil yang sudah berencana liburan, jangan lupa membuat persiapan yang matang ya. Jangan sampai Bunda kebingungan karena harus melahirkan di masa liburan dan saat jauh dari rumah.

Meski HPL bisa dihitung, tapi kita tidak akan pernah tahu kapan persalinan akan terjadi. Untuk itu, Bunda sudah bisa mulai mendiskusikan persiapan bersalin ini dengan Ayah sebelum libur Tahun Baru.


"Agar proses persalinan berjalan lancar, akan lebih baik bila Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk hal itu jauh-jauh hari. Agar ketika persalinan tiba, Anda tidak panik, gugup, atau bingung," tulis Tim Naviri dalam Buku Pintar Ibu Hamil.

Banner Cara Membuat Bakwan JagungFoto: HaiBunda/Mia

Persiapan melahirkan saat libur Nataru

Bunda bisa membuat list atau daftar persiapan melahirkan saat libur Nataru atau bila berada dalam keadaan darurat. Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 persiapan melahirkan saat libur Nataru:

1. Mencari tempat bersalin yang lengkap dan memadai

Meski tengah libur ke luar kota, Bunda tetap perlu mencari tempat bersalin yang lengkap dan memadai ya. Terlebih bila kehamilan berisiko dan membutuhkan penanganan lebih saat persalinan.

"Hal ini sangat penting bila nanti saat proses melahirkan, Anda harus mendapatkan penanganan yang serius dengan alat khusus," kata Nana Aditya, S.Si, dalam buku Happy Pregnancy.

Fasilitas bersalin lengkap ini juga perlu mencakup NICU (Neonatal Intensive Care Unit) atau ruang perawatan intensif khusus bayi baru lahir ya.

2. Tersedia tenaga medis profesional

Ketersediaan tenaga medis profesional dan terlatih adalah faktor yang sangat penting untuk persiapan melahirkan. Ayah dan Bunda jangan ambil risiko soal memilih tenaga medis yang akan menolong persalinan ya.

Pastikan dokter yang menangani Bunda bersedia menangani proses persalinan saat libur Nataru. Sebelum melahirkan atau mendekati HPL, sebaiknya Bunda sudah menjalin komunikasi dengan dokter kandungan untuk mendiskusikan proses persalinan.

Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga 7 fungsi vital air ketuban pada janin, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KENALI TANDA PERSALINAN DAN CATAT NOMOR DARURAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!