sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Persiapan yang Perlu Dilakukan agar Memudahkan Persalinan

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 18 Nov 2020 08:00 WIB
Beautiful pregnant woman enjoys exercising yoga at her home.Virabhadrasana/Warrior pose caption

Jakarta - Persalinan merupakan peristiwa yang normal dan kerap terjadi tanpa perencanaan. Meski demikian, momen spesial ini tentunya perlu dipersiapkan secara matang agar prosesnya berjalan lancar ya, Bunda.

Biasanya, seiring dengan usia kehamilan yang semakin besar, tubuh memang terasa lebih berat dan rasanya enggan melakukan aktivitas. Eits, kalau Bunda termasuk di antaranya, sebaiknya segera lupakan hal tersebut ya, Bunda.

Perlu Bunda tahu bahwa tetap bergerak aktif menjelang persalinan merupakan hal yang harus terus dilakukan, Bunda. Jika ingin melakukannya dengan sederhana, Bunda dalam mencoba cara termudah yakni dengan jalan kaki setiap hari. 


Berjalan tidak hanya meningkatkan kekuatan tubuh tetapi juga meningkatkan daya tahan tubuh di mana keduanya dibutuhkan dalam persalinan, seperti dikutip dari laman Lamaze berikut ini:

1. Kurangi duduk

Bunda dapat mulai meminimalisir duduk sebelum melahirkan. Jadi, pastikan Bunda tidak menghabiskan banyak waktu untuk duduk dan duduk dalam kondisi yang buruk. Sebab, hal ini akan memberikan efek buruk pada fleksibiltias, kekuatan, dan kondisi fisik tubuh Bunda.

Sebagai gantinya, Bunda dapat mulai berlatih berjongkok. Dalam meningkatkan kekuatan dasar panggul, kelenturan, dan stamina kaki, maka jongkok adalah gerakan yang ideal. 

2. Hindari sepatu tinggi

Ucapkan juga selamat tinggal pada sepatu tinggi dan beralih mengenakan sepatu flat. Sepatu ber-hak tinggi memang lucu, tetapi akan membuat masalah bagi tubuh karena tidak sejajar. Karena, tubuh hamil juga memerlukan kesejajaran sehingga sepatu flat menjadi pilihan terbaik.

3. Pijat persalinan

Melansir Todaysparent, melakukan pijat juga dapat menjadi pilihan persiapan persalinan yang perlu dilakukan. "Pijat teratur akan membantu Bunda bernapas dengan baik ke area yang tidak nyaman serta dapat membuat rileks otot yang tegang," ujar Paula Jaspar, seorang terapis.

4. Yoga prenatal

Atau, Bunda juga dapat mengambil kelas yoga untuk mempersiapkan tubuh jelang persalinan. Dengan berdiri, berlutut, tangan dan lutut serta jongkok dapat menjaga panggul tetap longgar dan terbuka untuk memudahkan pemosisian dan membuat bayi turun.

5. Hypsonis

Bunda juga dapat mencoba hypnosis yang dapat membuat Bunda lebih rileks secara mendalam dan membuat jauh lebih nyaman selama persalinan.

6. Kegel

Coba juga melakukan kegel di mana latihan dasar panggul ini dapat membantu banyak wanita menghindari intervensi medis. Perlu Bunda tahu bahwa berat rahim menciptakan tekanan yang terus menerus dan meningkat pada otot dasar panggul, tempat tidur gantung otot yang menopang rahim.

Dengan memperkuat otot-otot ini, dengan meremas dinding vagina erat-erat dan menahan selama 20 hitungan maka dapat membuat dorongan lebih efisien dan mencegah kontrol kandung kemih yang buruk serta risiko wasir.

7. Pijat perineum

Alternatif lainnya, Bunda juga dapat melakukan pijat perineum. Pijat ini dapat meregangkan jaringan pada pembukaan vagina. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pijat ini dapat mengurangi kemungkinan risiko robek saat Bunda mendorong bayi selama persalinan. 

Nah, apa pun pilihannya silahkan dipersiapkan sebaik mungkin ya, Bunda, agar membantu kelancaran persalinan. Semoga membantu informasinya ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk cerita Donita melahirkan, jadi pengalaman tak terlupakan. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi