sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Alasan Bunda Membutuhkan Penyangga Perut Saat Hamil Trimester 2 dan 3

Nanie Wardhani   |   Haibunda Selasa, 28 Dec 2021 18:27 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption

Banyak yang menyarankan bunda menggunakan penyangga perut saat hamil, terutama jika banyak mengalami keluhan di area punggung dan pinggang, saat usia kandungan dan ukuran perut semakin besar. Penyangga perut dirancang untuk menopang punggung bagian bawah dan perut selama kehamilan.

Pakaian pendukung yang fleksibel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi wanita aktif yang sedang hamil. Terutama selama trimester kedua dan ketiga di mana beban dari bobot bayi yang semakin besar akan mempengaruhi tekanan pada bagian punggung Bunda.

Seperti dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa alasan mengapa Bunda sebaiknya menggunakan penyangga perut saat hamil.


1. Penyangga perut membantu mengurangi rasa sakit Bunda

Nyeri punggung dan sendi selama kehamilan dapat membuat frustrasi dan menyulitkan untuk produktif dalam aktivitas sehari-hari. Sebuah studi meneliti prevalensi nyeri punggung dan panggul selama kehamilan. Mereka menemukan bahwa 71 persen wanita melaporkan nyeri punggung bawah, dan 65 persen melaporkan nyeri panggul.

Mengenakan penyangga perut selama kehamilan dapat membantu menopang punggung bagian bawah dan perut besar Bunda selama aktivitas, yang dapat mengurangi rasa sakit secara keseluruhan.

Nyeri sendi Sacroiliac (SI) 

Nyeri sendi SI juga sering terjadi selama kehamilan sebagai akibat peningkatan relaksin, hormon yang disebut menyebabkan sendi panggul menjadi kendur dan kurang stabil.

Ini adalah rasa sakit yang tajam dan terkadang menyiksa di punggung bawah yang berdekatan dengan tulang ekor. Penyangga perut yang mendukung daerah ini membantu menstabilkan sendi, yang dapat mencegah rasa sakit selama aktivitas.

Nyeri ligamen bundar

Gejala ini terjadi selama trimester kedua. Ini digambarkan sebagai apa saja mulai dari rasa sakit yang tumpul hingga rasa sakit yang tajam di bagian depan pinggul dan di bawah perut.

Disebabkan oleh berat ekstra dan tekanan pada ligamen yang menopang rahim yang sedang tumbuh, ini adalah masalah sementara tetapi terkadang tak tertahankan. Penyangga perut membantu mendistribusikan berat bayi di punggung dan perut, yang dapat membantu meringankan tekanan pada ligamen bulat dan mengurangi rasa sakit.

2. Penyangga perut memberikan kompresi lembut selama aktivitas

Pernah pergi lari tanpa bra olahraga? Kedengarannya tak enak ya, Bunda? Prinsip yang sama berlaku untuk perut hamil yang sedang tumbuh besar. Kompresi lembut dari penyangga perut dapat membantu menopang rahim dan mengurangi ketidaknyamanan dari gerakan selama aktivitas fisik.

Peringatan: Terlalu banyak kompresi pada perut dapat mengganggu sirkulasi, dan dapat menyebabkan efek negatif pada tekanan darah. Hal ini juga dapat menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan .

3. Penyangga perut memberikan isyarat eksternal untuk menjaga postur

Penyangga perut memberikan isyarat eksternal ke tubuh Bunda untuk memfasilitasi postur yang tepat. Dengan menopang punggung bawah dan batang tubuh, penyangga perut mendorong postur yang benar dan mencegah peregangan punggung bawah yang berlebihan.

Penampilan "swayback" yang khas dari kehamilan adalah karena beban ekstra yang dibawa di depan tubuh dikombinasikan dengan peregangan dan melemahnya otot inti utama yang menopang tulang belakang.

Ilustrasi penyangga perut atau maternity beltIlustrasi penyangga perut atau maternity belt/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin

4. Penyangga perut memungkinkan Bunda untuk terlibat dengan nyaman dalam aktivitas sehari-hari

Olahraga selama kehamilan memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif. Sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga prenatal memiliki efek positif pada kesehatan.

Olahraga meningkatkan tonus otot dan daya tahan dan menurunkan kejadian hipertensi, depresi, dan diabetes. Banyak wanita tidak dapat berolahraga atau terus bekerja selama kehamilan karena rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Mengenakan penyangga perut dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan memungkinkan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari, yang menghasilkan manfaat fisik dan finansial.

5. Penyangga perut bisa dipakai setelah kehamilan untuk dukungan

Tentu Bunda merasa sangat lelah pasca melahirkan. Penurunan kekuatan inti biasa terjadi pada minggu-minggu setelah kelahiran. Otot dan ligamen yang meregang dan tegang selama kehamilan membutuhkan waktu untuk sembuh. Kelemahan dikombinasikan dengan pekerjaan menuntut merawat bayi yang baru lahir dapat menjadi tantangan dan menyebabkan cedera.

Banyak bunda menemukan bahwa mengenakan penyangga perut pascamelahirkan memberikan dukungan tambahan pada perut dan punggung bagian bawah, sehingga mengurangi ketidaknyamanan.

Yang pasti Bunda harus ingat, bahwa penyangga perut ini adalah perbaikan sementara saja ya. Penyangga perut tidak menyembuhkan kondisi atau disfungsi yang mendasarinya. Dengan menopang perut terlalu lama bisa 'mematikan' otot-otot di bawahnya, menyebabkan peningkatan kelemahan dalam jangka panjang.

(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!