sign up SIGN UP search


kehamilan

Kehamilan 30 Minggu: Otak Bayi Semakin Membesar dan Bunda Jadi Lebih Sulit Tidur

Meita Fajriana   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 06:59 WIB
Shot of a pregnant woman sleeping on a bed at home Ilustrasi ibu hamil/Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Jakarta - Apakah Bunda mulai merasa perut semakin membulat pada usia kehamilan 30 minggu? Ya, hal ini karena bayi yang sedang berkembang mulai memadati dan memenuhi perut Bunda. Bunda juga akan sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman. 

Melansir dari laman The Bump, perubahan pada bentuk tubuh Bunda akan semakin terlihat jelas di kehamilan 30 minggu ini. Bunda juga akan mengalami kembali gejala awal kehamilan seperti sering buang air kecil karena bayi tumbuh semakin besar dan menekan kandung kemih Bunda.

Apa pun itu, cobalah untuk menikmatinya dan tidak merasa tertekan ya Bunda, hal ini akan berpengaruh pada kesehatan Si Kecil juga.


Bayi tumbuh lebih pesat pada kehamilan 30 minggu ini. Sebagian besar dari pertumbuhan itu ada di otak bayi yang berkembang cepat. Lantas seperti apa perkembangan Si Kecil di kehamilan 30 minggu ini? Yuk simak penjelasannya yang dilansir dari laman What to Expect

1. Ukuran bayi

Ukuran perut Bunda yang semakin besar adalah petunjuk pasti bahwa bayi Bunda semakin besar setiap harinya. Pada kehamilan 30 minggu ini, beratnya sekitar 3 pon. Si Kecil akan terus tumbuh dengan berat sekitar setengah pon per minggu selama tujuh minggu ke depan Bunda.

2. Otak bayi semakin besar

Otak bayi juga tumbuh dengan cepat akhir-akhir ini. Sebelumnya otak bayi masih memiliki permukaan yang halus, tetapi sekarang, otak janin Bunda sudah mulai membentuk alur dan lekukan yang khas. 

"Lekukan otak akan berupa kerutan-kerutan. Itu berfungsi meningkatkan jumlah jaringan otak. Hal ini sangat diperlukan saat bayi bersiap mengembangkan kecerdasannya untuk kehidupan di luar rahim nanti," kata Jennifer Wu dokter kandungan yang berbasis di Manhattan, New York dikutip dari laman What to Expect, Minggu (2/1). 

Kebiasaan yang Rusak Tanaman HiasKebiasaan yang Rusak Tanaman Hias/ Foto: Mia Kurnia Sari

3. Lanugo menghilang

Sekarang setelah otak bayi dan sel-sel lemak baru mengatur suhu tubuh, lanugo yaitu rambut lembut dan halus yang menutupi tubuh bayi Bunda perlahan menghilang, sebagai tanda bayi semakin siap untuk lahir ke dunia. 

4. Sumsum tulang membuat sel darah merah

Perubahan besar lainnya pada kehamilan 30 minggu yaitu sumsum tulang bayi Bunda telah sepenuhnya mengambil alih produksi sel darah merah. Sebelumnya, kelompok jaringan dan kemudian limpa mengurus produksi sel darah. Ini adalah langkah penting untuk bayi Bunda karena itu berarti Si Kecil akan lebih mampu berkembang sendiri begitu lahir.

Klik halaman selanjutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang serba-serbi stretch mark pada bumil di bawah ini. 

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA YANG DIRASAKAN PADA KEHAMILAN 30 MINGGU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!