sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Cara Atasi Kaki Bengkak saat Hamil, Hindari Menyilangkan Kaki ya Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 07:02 WIB
kaki bengkak saat hamil 9 Cara Atasi Kaki Bengkak saat Hamil, Hindari Menyilangkan Kaki ya Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Penyesuaian seluruh anggota tubuh saat hamil tampaknya tidak berakhir bahkan pasca melahirkan ya Bunda. Beberapa waktu setelah melahirkan, hormon pun akan mengirim sinyal pada tubuh Bunda agar kembali menyesuaikan ukurannya.
 
Mengacu ulasan Verywell Family, saat hamil, tubuh Bunda mengembang untuk mengakomodasi bayi Bunda yang sedang tumbuh.

Salah satu bagian tubuh Bunda yang mungkin akan membesar, selain pastinya perut, adalah kaki. Nah, pembesaran kaki ini sering kali disertai dengan pembengkakan yang disebut sebagai edema.

Hal ini normal kok Bunda bahkan diketahui memengaruhi sekitar delapan dari 10 kehamilan ya. 
 
Kaki bengkak saat hamil biasanya disebabkan peningkatan cairan yang beredar di sekitar tubuh Bunda ya. Bunda hamil cenderung mengalami pembengkakan pada tangan, lengan, kaki, atau bahkan wajah pada trimester kedua atau ketiga, meskipun pembengkakan kaki dapat terjadi kapan saja.


"Pembengkakan pada kehamilan benar-benar normal dan diharapkan," kata Sherry Ross, MD, Obgyn yang berbasis di Santa Monica. Pemicunya adalah karena adanya 50 persen volume darah dan cairan tubuh lainnya, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam rahim Bunda ya.   
 
Sekalipun dianggap normal, bengkak pada kaki ketika hamil cukup menimbulkan ketidaknyamanan ya, Bunda? Untuk itu, simak terus yuk untuk mengetahui tips mengatasinya. 

Penyebab kaki bengkak ketika hamil

Memang tidak semua ibu hamil akan mengalami kaki bengkak. Terdapat beberapa alasan mengapa kaki Bunda bisa membengkak selama kehamilan ya.

Di antaranya karena perubahan fisiologis normal yang terjadi saat Bunda menopang janin. Volume darah Bunda terus meningkat seiring bertambahnya pertumbuhan dan perkembangan janin. 

"Total volume darah meningkat, tetapi darah itu sedikit lebih encer daripada di luar kehamilan," jelas Leah Savitsky, MD, Obgyn dan instruktur klinis pelaksana Departemen Obstetri dan Ginekologi di UW School of Medicine. 

"Istilah teknis untuk ini adalah penurunan osmolalitas plasma." Dr. Savitsky menjelaskan bahwa ketika darah berair, lebih sulit bagi bagian air untuk tetap berada di dalam pembuluh. Beberapa di antaranya dapat bocor ke jaringan di sekitarnya, menyebabkan pembengkakan yang Bunda lihat.

 Untuk mengurangi gejala kaki yang membengkak saat hamil. Yuk simak tips mengatasinya ya, Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara mengatasi kaki bengkak selama kehamilan.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENGATASI KAKI BENGKAK SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!