sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Mudah Redakan Nyeri dan Kram Perut saat Haid, Dicoba yuk Bun

Meita Fajriana   |   Haibunda Jumat, 07 Jan 2022 19:04 WIB
asian woman with menstruation and pain period cramps. young women having painful sleeping on sofa at her home Ilustrasi nyeri haid/Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong

Jakarta - Banyak Bunda menjadi emosional, mengalami kram dan nyeri sebelum serta selama menstruasi atau haid. Nyeri haid adalah hal yang normal dan dapat diobati lho Bunda, jadi jangan khawatir ya. 

Melansir dari laman Planned Parenthood, kram dan nyeri haid bisa menjadi sangat tidak nyaman dan menyakitkan, tetapi hal itu terjadi karena ada penyebabnya ya Bunda.

Selama periode menstruasi, rahim Bunda berkontraksi. Hal ini membuat lapisan terlepas dari dinding rahim Bunda dan meninggalkan tubuh Bunda. Saat rahim Bunda kram atau nyeri, ini membantu aliran darah keluar dari vagina Bunda.


Sebagian besar perempuan mengalami kram selama periode haid mereka. Mereka biasanya merasa seperti nyeri berdenyut di perut bagian bawah. Hal ini dapat mulai beberapa hari sebelum menstruasi Bunda datang, dan terkadang berlanjut sepanjang periode haid Bunda. Kram biasanya lebih buruk selama beberapa hari pertama menstruasi, ketika aliran darah paling banyak.

Nyeri haid ini sudah mulai terasa pada menstruasi pertama Bunda. Bagi sebagian besar perempuan kram atau nyeri haid menjadi kurang menyakitkan seiring bertambahnya usia. Kram menstruasi bisa menyakitkan dan menjengkelkan, tetapi sangat umum dan ada banyak cara untuk mengobatinya. Berikut beberapa cara meredakan nyeri haid dilansir dari laman Healthline

1. Minum obat bebas

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) adalah bentuk pereda nyeri yang dijual bebas, utamakan yang direkomendasikan untuk nyeri menstruasi dan perdarahan menstruasi yang berat. NSAID termasuk ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve).

Obat-obatan ini membantu menurunkan produksi prostaglandin tubuh Bunda. NSAID tidak seefektif kontrasepsi oral dalam menurunkan prostaglandin, tetapi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid. 

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

2. Memberikan kompres hangat di perut

Menerapkan kompres hangat ke perut dan punggung bagian bawah dapat menghilangkan rasa sakit saat haid Bunda. Sebuah tinjauan studi pada 2018 menemukan bahwa terapi panas biasanya menggunakan bantalan panas sama efektifnya dalam mengobati nyeri haid seperti NSAID. Ini juga dapat menyebabkan lebih sedikit efek samping. 

3. Terapi pijat selama sekitar 20 menit

Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu. Saat tangan terapis bergerak di sekitar perut, samping, dan punggung Bunda. Menambahkan minyak esensial untuk pijat aromaterapi mungkin memiliki manfaat tambahan Bunda. 

Sebuah tinjauan studi pada 2018 menemukan bahwa terapi pijat dan aromaterapi dapat mengurangi nyeri haid. Beberapa minyak esensial yang dapat membantu termasuk yaitu lavender, pappermint, mawar, dan adas. 

Klik halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang benarkah minum soda bisa lancarkan haid di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEREDAKAN NYERI HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!