sign up SIGN UP search


menyusui

Payudara Ibu Menyusui kok Jadi Nyeri Jelang Haid? Ini Penjelasannya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 30 Dec 2021 20:42 WIB
Ilustrasi payudara bengkak caption

Jakarta - Payudara yang terasa nyeri jelang haid mungkin hal biasa bagi para wanita. Tetapi bagaimana bila hal itu dialami ibu menyusui, aman enggak sih Bunda? 

Memahami proses menyusui secara utuh di awal-awal mungkin bukan hal mudah. Bunda tidak hanya perlu beradaptasi dengan kebiasaan menyusui dan kebiasaan bayi, tetapi juga perlu beradaptasi dengan ritme tubuh yang mengalami perubahan termasuk siklus menstruasi.

Ya, biasanya para ibu yang menyusui secara eksklusif tidak mendapatkan menstruasi selama beberapa bulan setelah bayi mereka lahir, ujar Frances Jones, spesialis laktasi di Vancouver seperti dikutip dari laman Todaysparent.


"Tetapi jika busui tidak menyusui sesering mungkin atau ketika bayi mulai makan makanan padat, Bunda mungkin mulai berovulasi lebih cepat. Dan, bagi beberapa wanita, ovulasi baru muncul dengan sendirinya setelah beberapa bulan," katanya.

Secara umum, tidak ada perubahan berarti dalam ASI ketika menstruasi kembali datang. Namun, beberapa ibu merasakan bahwa puting mereka jadi lebih sensitif pada saat ovulasi termasuk payudara busui terasa nyeri jelang haid. 

Hal itu sebenarnya wajar saja dialami ya, Bunda, karena merupakan reaksi alami tubuh. Biasanya, hal tersebut disebabkan adanya fluktuasi hormon sebelum menstruasi yang dapat memunculkan rasa nyeri pada payudara.

Banner Basic Skincare untuk Kulit GlowingBanner Basic Skincare untuk Kulit Glowing/ Foto: HaiBunda/Mia

Dokter juga tidak sepenuhnya memahami secara pasti apa yang menyebabkan munculnya gejala payudara ini, tetapi mereka tahu bahwa hormon tertentu terlibat, seperti dikutip dari laman Medical News Today.

Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mengurangi rasa ketidaknyamanan pada payudara. Namun, jika nyeri payudara menjadi lebih parah atau terdapat tanda-tanda infeksi payudara, Bunda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. 

Menurut the American Academy of Family Physicians (AAFP), payudara busui nyeri jelang haid merupakan gejala umum dari menstruasi. Ini disebabkan adanya perubahan hormon akibat menstruasi yang menjadi penyebab paling umum dari nyeri payudara.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Saksikan juga video tentang fakta bahwa hamil dan menyusui mampu turunkan risiko kanker payudara di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



ALASAN PAYUDARA BUSUI NYERI JELANG HAID
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!