sign up SIGN UP search


kehamilan

8 Penyebab Haid Tidak Teratur Saat KB, Stres hingga Pengaruh Hormon Progestin

Dewi Ratna   |   Haibunda Senin, 27 Dec 2021 15:24 WIB
Woman hands opening birth control pills in hand. Eating Contraceptive Pill. caption

Jakarta - Alat kontrasepsi menjadi pilihan terbaik bagi Bunda dan Ayah untuk mengontrol jarak kelahiran. Mengonsumsi pil KB menjadi salah satu solusi untuk mencegah kehamilan terjadi. Namun pada umumnya, banyak Bunda yang mengeluh jika efek sampinya haid tidak teratur saat KB.

Berbicara soal pil KB, cara ini memang efektif untuk mencegah kehamilan dan mengobati berbagai kondisi medis Bunda. Pil KB bekerja dengan memasukkan hormon yang berbeda ke dalam sistem tubuh Bunda, dan inilah menyebabkan haid tidak teratur saat KB.

Penyebab Haid Tidak Teratur Saat KB

Beberapa bunda mungkin mengalami pendarahan yang lebih ringan, dan beberapa lainnya mungkin malah benar-benar tidak mendapat menstruasi sama sekali. Ada beberapa alasan mengapa Bunda mengalami haid tidak teratur saat KB seperti berikut ini:


1. Stres

Stres yang berlebihan bisa memengaruhi pikiran dan tubuh Bunda. Terlalu stres akan merusak fungsi hipotalamus, bagian dari otak yang mengontrol regulasi hormon. Bunda perlu menentukan sumber stres dan mengelola tingkat stres tersebut agar menstruasi bisa lebih lancar.

2. Perubahan pola makan

Mengubah kebiasaan makan dan menurunkan berat badan terlalu cepat dapat mengganggu siklus haid Bunda. Berat badan yang kurang atau lebih dari 10 persen juga bisa menghentikan proses ovulasi dalam tubuh Bunda. Mereka dengan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia adalah yang paling berisiko.

3. Olahraga

Terlalu banyak berolahraga juga bisa mengganggu kadar hormon dan menghentikan menstruasi Bunda. Namun perlu diingat bahwa olahraga dalam kondisi yang cukup adalah cara yang baik untuk tetap sehat dan bugar. Olahraga yang berat seperti yang dilakukan atlet atau penari profesional biasanya menjadi penyebab juga.

4. Pil KB berkelanjutan

Beberapa Bunda memilih untuk terus-menerus konsumsi pil KB. Ada beberapa jenis pil KB yang harus dikonsumsi aktif selama tiga bulan, diikuti dengan satu minggu tanpa pil. Meskipun Bunda mungkin mengalami bercak di antara konsumsi pil tersebut, tapi haid mungkin hanya datang 4 kali per tahun.

5. Memakai vaginal ring

Jika Bunda memilih memakai cincin vagina sebagai alat kontrasepsi, ini juga salah satu penyebab haid tidak teratur saat KB. Berupa cincin kecil yang dimasukkan ke dalam vagina dan melepaskan hormon estrogen serta progestin, cincin vagina ini menghentikan ovulasi dan mengentalkan lendir serviks.

Masih ada penyebab haid tidak teratur saat KB lainnya di halaman berikut ini...

PENYEBAB HAID TIDAK TERATUR SAAT KB
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!