sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Arti Mimpi Teman Hamil, Berhubungan dengan Kesuksesan hingga Rezeki

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 20:00 WIB
Ilustrasi Wanita Tidur Ilustrasi Wanita Tidur Bermimpi/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mimpi adalah bunga tidur. Banyak hal bisa kita alami dan lihat di dalam mimpi, salah satunya adalah mimpi teman hamil.

Memimpikan teman hamil bisa menjadi situasi yang aneh. Apalagi, bila faktanya teman kita itu belum menikah atau sedang hamil ya, Bunda.

Setiap mimpi diyakini memiliki arti. Begitu pun arti mimpi teman hamil. Hal penting yang perlu Bunda pahami adalah bagaimana mimpi terjadi dan arti mimpi ini terkait dengan hidup kita.


Arti mimpi menurut pakar

Menurut Psikolog klinis, Marney A. White, PhD, MS, para peneliti belum yakin dengan alasan sebenarnya manusia bermimpi. Namun, hingga kini sudah banyak teori tentang mimpi yang telah diteliti dan dijelaskan oleh pakar. Namun, mereka yakin kalau mimpi merupakan gambaran bawah sadar yang dialami seseorang saat tidur.

"Banyak peneliti melihat mimpi hanya sebagai hasil dari aktivitas otak yang acak. Tetapi, yang lain percaya bahwa mimpi adalah cara manusia untuk menghadapi atau melalui drama emosional dalam hidupnya," kata White, dikutip dari Healthline.

Selama fase bermimpi, otak manusia akan bekerja pada tingkat yang jauh lebih emosional daripada saat dia terjaga. Beberapa ilmuwan menyatakan bahwa bermimpi adalah adaptasi evolusioner untuk membantu mengatasi stres.

Selain itu, mimpi juga dianggap sebagai pengalaman sensorik yang paling sering terjadi selama tidur. Mimpi dapat dibentuk oleh apa pun yang Bunda pikirkan saat tertidur atau sesuatu yang dialami sepanjang hari. Mimpi juga dapat disebabkan oleh rasa cemas atau situasi stres yang belum sempat diatasi.

Ada orang yang mengingat mimpinya, tapi ada pula yang lupa. Banyak orang yang bermimpi di malam hari sering tidak mengingatnya, Bunda.

"Terlepas dari apa yang kita ketahui tentang tidur, sulit bagi para ilmuwan untuk menjelaskan peran mimpi dalam kehidupan. Mimpi sering kali tidak masuk akal. Ini mungkin terjadi karena bagian otak yang memicu mimpi dianggap sebagai 'pusat emosi'," ujar White.

Mimpi dianggap sebagai pengalaman sensorik yang paling sering terjadi selama tahap tidur dan dikenal sebagai REM. Selama tidur REM, otak menjadi aktif dan mata bergerak, tetapi tubuh rileks.

Dalam buku Tafsir 1672 Mimpi karya D. Raditya, dijelaskan bahwa mimpi merupakan salah satu jenis aktivitas alam bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra-indra lain dalam tidur. Dalam mimpi, faktor kemampuan otak menjadi pemeran utama.

Hal yang wajar bila Bunda lupa dengan mimpi yang dialami ya. Tapi, tak sedikit orang akan mengingat mimpinya.

"Sekitar lima menit setelah terbangun, kita akan segera melupakan 50 persen mimpi kita, 10 menit kemudian 90 persen jalan cerita akan terlupakan," Raditya.

Ilustrasi Wanita TidurIlustrasi Wanita Tidur Bermimpi/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Interpretasi mimpi

Setiap mimpi sering dikaitkan dengan arti tertentu. Pada zaman kuno, arti mimpi memang sudah banyak dikaitkan dengan dunia supranatural, Bunda.

Mimpi yang indah dan membahagiakan sering diartikan dengan sesuatu yang positif. Sebaliknya, mimpi buruk yang menakutkan dianggap buruk atau negatif.

Anggapan-anggapan seperti ini mulai berubah saat Aristoteles mengemukakan pendapatnya tentang mimpi. Aristoteles mengatakan, mimpi merupakan aktivitas mental ketika seseorang tidur.

"Saat tidur, indra tetap bisa menangkap rangsangan dari luar. Rangsangan itu diperbesar melalui mimpi. Contohnya, ketika seseorang yang kedinginan bisa bermimpi sedang berada di lautan salju," ujar Raditya.

Setelah Aristoteles, penafsiran atau interpretasi tentang mimpi semakin berkembang. Banyak budaya mulai mengangkat arti mimpi.

Arti mimpi teman hamil

Ahli mimpi Lauri Loewenberg mengatakan bahwa mimpi hamil bisa saja mengindikasikan mengenai perasaan Bunda akan sebuah perubahan atau tujuan baru dalam hidup. Mimpi hamil juga dapat dikaitkan dengan fase perkembangan dalam hidup.

Loewenberg menjelaskan, mimpi hamil bisa merupakan cara alam bawah sadar mengomunikasikan perasaan yang sangat sulit untuk disampaikan dengan kata-kata di dunia nyata. Saat tidur dan berada di alam bawah sadar, Bunda akan dipaksa untuk fokus pada hal-hal yang biasanya Bunda abaikan.

"Jadi mimpi itu akan membuat kita lebih memahami situasi saat itu dengan menyajikannya dalam bentuk yang berbeda," kata Loewenberg, dilansir The Cut.

Lalu bagaimana bila kita justru bermimpi orang lain yang hamil ya, Bunda?

Memimpikan orang lain hamil bukanlah suatu hal yang aneh. Sebab, sampai saat ini pun tidak ada orang yang bisa memprediksi mimpinya.

Mengutip berbagai sumber, berikut arti mimpi teman hamil:

1. Mendapatkan rezeki materi

Mimpi bertemu teman hamil bisa berarti pertanda baik lho, Bunda. Bila kita bertemu lebih dari satu teman atau banyak orang hamil, artinya kita akan mendapatkan tambahan uang.

2. Menunjukkan kedewasaan

Bermimpi teman hamil dapat menunjukkan bahwa Bunda sedang berada dalam fase evolusi spiritual. Bunda menyadari hidup sebagai makhluk yang unik dan memiliki tanggung jawab atas tindakan yang akan diambil.

Arti mimpi ini bisa menunjukkan bahwa Bunda perlu bersikap dewasa sekarang. Saat membuat keputusan, Bunda perlu bersikap bijaksana dan mempertimbangkan efeknya pada orang-orang di sekitar.

3. Menandakan kepercayaan diri

Arti mimpi teman hamil juga bisa menjadi tanda kepercayaan diri akan meningkat. Bunda memiliki keinginan untuk melakukan hal yang benar dan sungguh-sungguh dalam melakukan segala hal.

Dalam urusan pekerjaan, arti mimpi ini melambangkan keterbukaan untuk berkembang. Misalnya, Bunda berani mengambil risiko untuk menjadi lebih baik dalam sebuah proyek.

4. Mendapatkan pekerjaan baru

Bermimpi teman hamil sama saja menunjukkan kelahiran sebuah proyek nih. Proyek ini bisa berhubungan dengan mengubah karier, memulai bisnis baru, atau mendapatkan pekerjaan.

5. Akan mencapai kesuksesan

Arti mimpi teman yang sedang menjalani kehamilan, bisa berhubungan dengan kesuksesan dan keinginan untuk mencapai level tertinggi dalam karier. Bunda mungkin telah melalui kehidupan yang sulit dan penuh rasa kecewa, sehingga perasaan ini muncul.

Bermimpi tentang teman yang hamil dapat menunjukkan bahwa Bunda tahu bisa menangani hal-hal hebat dalam pekerjaan. Melalui mimpi ini, Bunda bisa menyadari potensi diri untuk menapaki jenjang karier yang lebih tinggi.

Simak juga 10 tanda kehamilan menurut dokter obgyn, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!