sign up SIGN UP search


kehamilan

9 Manfaat Makan Semangka untuk Bumil, Bisa Cegah Preeklampsia juga Lho

Sheila Permatasari   |   Haibunda Sabtu, 05 Feb 2022 16:44 WIB
Pregnancy and nutrition - pregnant woman with a bowl of fruit and vegetables . caption

Jakarta – Semangka adalah buah tropis yang kaya nutrisi, Bunda. Buah ini rasanya manis dan segar, apalagi bila dimakan saat cuaca panas ya. Hampir semua orang menyukai semangka, tak terkecuali ibu hamil.

Apalagi, ternyata semangka ternyata baik lho untuk kehamilan. Semangka dapat mengatasi gejala kehamilan yang umum seperti mual di pagi hari, refluks asam, dan mulas sambil menjaga perut tetap tenang.

Semangka dapat dikonsumsi dalam bentuk buah atau sebagai minuman yang menyegarkan. Buah musim panas ini kaya akan mineral, vitamin, dan air serta membantu mencegah dan menyembuhkan banyak komplikasi kehamilan seperti preeklamsia. Namun, konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan ya, Bunda.


Lalu, apa saja manfaat semangka untuk bumil? Simak terus ya, Bunda. Dilansir dari laman Mom Junction, berikut beberapa manfaat semangka untuk bumil Bunda:

1. Meredakan rasa mulas

Bumil umumnya menderita masalah pencernaan seperti mulas dan keasaman. Nah, semangka meredakan masalah ini dengan menenangkan saluran makanan dan perut. Ini akan membantu Bunda secara instan dalam meredakan mulas.

2. Mengurangi pembengkakan

Bunda, pembengkakan ringan pada tangan dan kaki atau edema sering terjadi selama masa kehamilan. Kandungan air yang tinggi dalam semangka mengurangi penyumbatan di pembuluh darah dan otot, sehingga mengobati edema.

3. Mengurangi morning sickness

Minum segelas jus semangka segar di pagi hari adalah ide yang bagus selama masa kehamilan nih Bunda. Semangka akan memberikan pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan sepanjang hari. Sifat energi dan nutrisi semangka juga membantu meringankan mual di pagi hari.

Tips Diet Cynthia LamusuTips Diet Cynthia Lamusu/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

4. Mengobati dehidrasi

Dehidrasi menyebabkan kontraksi prematur dan menyebabkan kelahiran prematur. Untuk itu, penting bagi bumil minum air putih yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Semangka mengandung sekitar 90 persen air dan melahap buah ini adalah cara yang bagus untuk mencegah dehidrasi.

5. Meredakan kram otot

Tubuh bumil pastinya akan mengalami banyak perubahan ya, Bunda. Peningkatan berat badan dan fluktuasi hormon dapat menyebabkan nyeri pada otot dan tulang. Mengonsumsi semangka dapat membantu tubuh mengatasi dan meredakan kram otot.

Baca halaman selanjutnya untuk manfaat lainnya, Bunda.

Simak juga video tentang 7 buah yang bagus dikonsumsi saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



9 MANFAAT MAKAN SEMANGKA UNTUK BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!