sign up SIGN UP search


kehamilan

10 Panduan agar Tak Khawatir untuk Tetap Berhubungan Seks di Trimester 3 Kehamilan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 05 Mar 2022 03:00 WIB
Young happy pregnant couple sitting on a bed and smiling. Man looking at woman. Lifestyle maternity photo. caption

Jakarta - Saat kehamilan memasuki trimester akhir, rasanya tubuh mulai berat ya Bunda melakukan berbagai aktivitas. Padahal pada masa ini, Bunda perlu banyak bergerak lho untuk mempersiapkan tubuh agar melancarkan jalan lahir.

Salah satu aktivitas yang mampu membantu kemudahan persalinan nanti yaitu dengan berhubungan seks, Bunda.

Bunda tidak harus khawatir berlebihan walau sedang hamil besar dan masih bisa kok melakukan hubungan seks dengan Ayah. Sebab, hal itu justru mempermudah jalan lahir lho.


Melansir dari Bustle, air mani Ayah mengandung zat bernama prostaglandin yang sangat membantu mematangkan serviks Bunda. Fakta lain, berhubungan seks pada saat hamil tua, menjelang, atau saat jatuh tempo dapat memicu pelepasan oksitosin. Hormon yang berperan dalam pengaturan kontraksi Bunda.  

“Tidak ada alasan untuk berhenti berhubungan seks meski kehamilan sudah memasuki trimester akhir,” ucap Obgyn Dr. Jamie Lipes D.O pada laman Bustle.

Menurutnya, bisa dipahami jika Bunda merasa sedikit aneh atau ketakutan janin akan terguncang dalam rahim saat berhubungan seks. Walau pada kondisi tertentu Bunda memang harus menahan tidak berhubungan seks ketika hamil.

Namun, jika Bunda sehat tanpa gangguan, berhubungan seks saat hamil justru sangat dianjurkan karena merangsang rahim saat Bunda orgasme. Prostaglandin dalam mani Ayah juga berfungsi melebarkan serviks dan membukanya. 

Agar lebih yakin untuk tetap berhubungan seks saat kehamilan masuki trimester akhir, simak penjelasan di bawah ini yuk.  

Banner Kebiasaan di EropaBanner Kebiasaan di Eropa/ Foto: Annisa Shofia

Induksi alami melalui hubungan seks

Mengutip dari Verywellfamily, dengan berhubungan seks, syaraf puting payudara Bunda juga menjadi lebih siap. Tentu saja hal itu sangat dibutuhkan untuk masa inisiasi menyusui dini (IMD) bila Si Kecil lahir nanti.

Saat orgasme, Bunda juga melepaskan hormon endorphin dan dopamin sehingga Bunda bisa lebih rileks, merasa nyaman dan bahagia. Dengan begitu, ketegangan menyambut hari lahiran pun berkurang.

Tidak berlebihan jika hubungan seks saat usia kehamilan 9 bulan disebut sebagai salah satu cara induksi alami membantu Si Kecil segera lahir mewarnai hidup Bunda.

Dalam sebuah penelitian di Malaysia yang melibatkan lebih dari 1.000 perempuan hamil, setengah dari peserta penelitian mengalami manfaat dari hubungan seks ketika usia kehamilan 35 minggu. Disebutkan, cara itu merupakan induksi alami persalinan yang sangat aman. 

“Semua ibu membutuhkan dukungan psikis yang membantunya rileks menghadapi persalinan. Dukungan itu terutama oleh pasangan, melalui bahasa tubuh dan cinta yang intens,” papar Robin Elise Weiss, PhD, MPH, konselor dan edukator persalinan dari University of Louisville, Amerika, kepada Verywellfamily. 

Supaya hubungan seks Bunda dan Ayah berjalan lancar di kehamilan trimester akhir, ikuti panduannya yuk. Simak di halaman selanjutnya ya.

Tonton juga yuk video tentang 5 posisi aman berhubungan seks saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
10 PANDUAN SEKS TETAP AMAN UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!