sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tanda Persalinan Tanpa Flek, Kenali Agar Bunda Lebih Siap Jelang HPL

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 07 Mar 2022 13:46 WIB
Ilustrasi ibu hamil kontraksi caption

Perasaan penasaran, takut, cemas, dan bahagia bercampur aduk menjadi satu saat Bunda memasuki trimester ketiga. Karena Bunda sudah mengetahui Hari Perkiraan Lahir atau HPL, kini Bunda menunggu waktu untuk Si Kecil lahir ke dunia.

Berada pada usia akhir kehamilan memang mendebarkan. Ada gerakan sedikit atau perubahan seminimal mungkin, akan membuat bertanya-tanya: Apakah ini sudah saatnya untuk melahirkan? HPL kemungkinan bisa tepat, tapi banyak kasus di mana HPL ini meleset. Baik maju, atau mundur.

Mungkin Bunda mengenal tanda-tanda melahirkan, salah satunya flek yang muncul di miss V, tanda yang sama seperti pada saat masa-masa awal kehamilan. Tapi, apakah tanda persalinan selalu disertai dengan flek?


Faktanya, persalinan tidak selalu diawali dengan flek, Bunda. Ada beberapa tanda persalinan tanpa flek yang perlu Bunda ketahui. Sehingga, ketika Bunda mengenali tanda-tanda ini, Bunda tahu apa yang harus dilakukan dan mempersiapkan segala sesuatunya.

Tanda persalinan tanpa flek

Berikut adalah tanda persalinan tanpa flek yang dapat Bunda alami menurut berbagai sumber.

1. Kontraksi

Menurut Web MD, jika kontraksi sedang Bunda rasakan maka artinya rahim Bunda sedang menegang dan rileks untuk bersiap mendorong Si Kecil keluar. Kontraksi akan terasa makin kuat saat waktu persalinan telah dekat. 

Maka apabila Bunda merasakan kontraksi lebih sering dan kuat dan teratur, itu artinya waktu melahirkan sudah dekat.

Namun, apabila kontraksi yang Bunda rasakan tidak teratur, atau hilang pada saat Bunda merubah posisi, mungkin Bunda merasakan Braxton Hicks, atau kontraksi palsu. Tenang, kondisi ini adalah persiapan rahim untuk menghadapi persalinan dan normal terjadi.

2. Air ketuban pecah

Bayi yang sedang Bunda kandung tumbuh di dalam sebuah kantong berisi cairan pelindung, air ini sering disebut air ketuban. Kantong ini akan pecah pada saat bayi akan keluar dari rahim.

Bentuknya bisa semburan cairan, atau hanya tetesan kecil. Jika memang sudah pecah, Bunda harus segera menuju rumah sakit. Tapi melahirkan tidak selalu harus pecah ketuban. Ada kalanya dokter harus ‘memecahkannya’ untuk memudahkan proses persalinan.

3. Nyeri punggung

Nyeri punggung adalah hal yang sangat normal terjadi pada ibu hamil. Pada saat akan persalinan, sakitnya akan bertambah besar dan seringkali terjadi pada hampir sepertiga kehamilan. 

Selain nyeri punggung, kram juga akan Bunda rasakan. Biasanya, nyeri punggung dan kram ini bagian dari kontraksi. Rasa sakit yang ada di bagian belakang, akan perlahan berpindah ke bagian depan tubuh Bunda.

Apabila sakit menjadi lebih parah, itu bisa jadi disebabkan oleh bayi yang turun dari jalan lahir dengan wajah menempel ke tulang belakang, kata Kay Johnson seperti yang dilansir Parents. Tentunya ini butuh pemeriksaan lebih lanjut.

4. Jadi lebih sering buang air kecil

Semakin dekat waktu persalinan, maka kemungkinan besar Bunda akan sering bolak-balik kamar kecil. Tidak lain tidak bukan, untuk buang air kecil. Tenang Bunda, hal ini normal, kok.

Sering buang air kecil pada waktu menjelang persalinan disebabkan oleh posisi Si Kecil yang turun sehingga membuat rahim menekan kandung kemih. Jangan ditahan ya Bunda, biar Bunda tidak terkena infeksi saluran kencing.

5. Perubahan emosi

Jadi moody? Iya, Bunda bisa berubah menjadi lebih moody ketika waktu persalinan akan dekat. Kalau Bunda merasakannya pada awal-awal masa kehamilan, maka perubahan emosionalnya tidak jauh berbeda.

Bunda bisa melakukan aktivitas yang dapat membuat Bunda lebih tenang dan rileks. Seperti menonton film, atau tidur siang.

Ilustrasi hamil atau melahirkanIlustrasi tanda persalinan tanpa flek/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint

Kapan waktu yang tepat untuk ke rumah sakit?

Berikut adalah kondisi yang tepat untuk Bunda pergi ke rumah sakit untuk melahirkan menurut Web MD:

  • Bunda merasakan bahwa air ketuban sudah pecah
  • Adanya pendarahan, lebih dari sekedar bercak atau flek
  • Bayi kurang bergerak, tidak seperti biasanya
  • Mengalami kontraksi yang sangat membuat Bunda tidak nyaman, dan kontraksi terjadi setiap lima menit selama satu jam

Apabila Bunda memiliki salah satu dari satu tanda akan melahirkan, tapi Bunda belum sampai ke minggu ke-37 kehamilan.

Itulah tanda persalinan tanpa flek yang perlu Bunda ketahui. Semoga bermanfaat ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!