sign up SIGN UP search


kehamilan

Ria Ricis Bingung Usia Kehamilan Lebih Tua dari Tanggal Nikah, Ini Kata Dokter

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 29 Mar 2022 15:25 WIB
Ria Ricis dan Teuku Ryan caption
Jakarta -

Kebahagiaan tengah menyelimuti Ria Ricis. Ia dan Teuku Ryan tengah menantikan calon anak pertama mereka. Sempat disembunyikan, pasangan ini akhirnya mengumumkan kabar kehamilan Ricis.

Adik Oki Setiana Dewi itu kini sudah memasuki usia kehamilan 20 minggu atau 5 bulan, Bunda. Namun, Ria Ricis sempat mengaku kebingungan saat mengetahui usia kehamilannya lebih tua dari tanggal nikah.

Ria Ricis dan Teuku Ryan menikah pada 12 November 2021 lalu. Itu artinya, saat ini seharusnya Ricis baru memasuki usia kehamilan 4 bulan. Namun dokter mengatakan bahwa Ricis telah hamil 5 bulan ketika melakukan pemeriksaan USG.


"Sudah jalan 20 minggu, tapi aku bingung hitungannya. Kok aneh ya. Tanggal 12 kemarin harusnya aku 4 bulanan," kata Ricis, dikutip dari kanal YouTube Oki Setiana Dewi.

"Iya, dia menghitungnya HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Kata dokter ini sudah jalan 20 minggu, kalau dihitung tuh kayak lebih 2 minggu," ucap Ricis kebingungan.

"Kayaknya dia dihitung dari apanya gitu. Dahulu juga sempat nanya, tapi ya sudah lah," sahut sang kakak, Oki Setiana Dewi.

Banner Nama Bayi Islami Bahasa Sansekerta

Di kesempatan yang sama, Shindy Kurnia Putri kemudian menjelaskan bahwa dokter menghitung usia kehamilan adiknya dengan metode tertentu. Anak kedua dari tiga bersaudara itu berpesan agar adiknya tak perlu khawatir.

"Jadi intinya tuh kesuburan, proses pembentukan sel telur setiap orang kan berbeda," kata Shindy.

Baru menikah pada November tahun lalu, mengapa usia kehamilan Ria Ricis lebih tua dari yang seharusnya, ya?

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Alexander Mukti, Sp.OG menjelaskan, hal ini kerap terjadi pada banyak calon Bunda yang baru saja menikah. Beberapa wanita memiliki usia kehamilan yang lebih tua diari tanggal mereka menikah.

Hal ini bukan merupakan sesuatu yang aneh, apabila pada saat menikah ia berada pada periode masa subur. Misalnya, seorang wanita yang mengalami haid terakhir pada 14 April, dan memiliki siklus teratur selama 28 hari. Maka, masa suburnya akan terjadi di tanggal 28 April. Itu artinya, usia janin nanti akan dihitung mulai dari tanggal 14 April.

Nah, saat wanita menikah di tanggal 29 April, momen itu bersamaan dengan masa suburnya yang mulai terjadi. Pada kondisi ini, kehamilan dapat langsung terjadi dan HPL dihitung dari sebelum masa subur atau HPHT seperti yang dikatakan oleh Ria Ricis.

Lantas, bagaimana cara menghitung HPHT seperti Ria Ricis? Baca di halaman berikutnya.

Saksikan juga video reaksi Teuku Ryan saat tahu istrinya hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN & HPL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!