sign up SIGN UP search


kehamilan

Ria Ricis Bingung Usia Kehamilan Lebih Tua dari Tanggal Nikah, Ini Kata Dokter

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 29 Mar 2022 15:25 WIB
CARA MENGHITUNG USIA KEHAMILAN & HPL
Ilustrasi ibu hamil hitung usia kehamilan dengan kalender caption

PerhitunganĀ usia janin bisa lebih tua dibanding tanggal pernikahan itu sendiri. Jangan khawatir, perhitungan ini sudah disepakati secara konsensus atau internasional.

Jadi, seorang wanita yang menikah empat minggu, akan sangat mungkin memiliki usia kehamilan enam minggu apabila mengacu pada perhitungan tersebut.

Perlu diperhatikan, HPHT dihitung mulai dari hari pertama haid, bukan waktu bersih haid itu sendiri. Perhitungan HPL dengan metode HPHT akan lebih akurat apabila dilakukan oleh Bunda yang punya jadwal menstruasi teratur.


Namun sebaliknya, metode HPHT pada wanita dengan jadwal haid yang tidak teratur akan membuat HPL lebih sulit dipastikan ketepatannya.

Cara menghitung HPL dengan HPHT ini biasa dikenal juga sebagai rumus neagle. Rumus Neagle dilakukan dengan cara menghitung hari ditambah 7 dan bulan dikurang 3. Sebagai contoh, hari pertama haid adalah 14 April 2021, maka HPL diperkirakan terjadi pada 21 Januari 2022.

14 April + 7 = 21 April

Lalu, dikurangi 3 bulan ke belakang, maka hari perkiraan lahir akan jatuh pada 21 Januari 2022.

Selain menghitung dengan metode HPHT, Bunda juga bisa langsung melakukan pemeriksaan ultrasonografi di trimester awal kehamilan. Lakukan segera USG transvaginal setelah test pack menunjukkan hasil positif.

(anm/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!