sign up SIGN UP search

kehamilan

2 Penyebab Utama Nyeri Haid Hebat, Apakah Selalu Tanda Penyakit Berbahaya?

dr. Alexander Mukti, Sp.OG   |   Haibunda Sabtu, 09 Apr 2022 07:00 WIB
Nyeri Haid caption
Jakarta -

Bunda sering mengalami nyeri haid yang terasa sangat hebat? Nyeri haid hebat ini bisa disebabkan karena beberapa kondisi medis lho.

Nyeri haid hebat adalah nyeri yang dikeluhkan saat haid, sampai para perempuan tidak bisa menjalankan aktivitasnya. Nyeri hebat ini bahkan terkadang sampai membuat penderitanya harus istirahat (berbaring) dan minum obat dengan efek lebih tinggi dari pereda nyeri, seperti parasetamol.

Sebenarnya, nyeri adalah persepsi seseorang terhadap suatu paparan atau rangsangan. Saat dia tidak bisa mentoleransi, itu baru dinamakan nyeri haid hebat. Nyeri ini selalu terjadi berulang di setiap siklus haid.


Perlu Bunda ketahui, ada nyeri haid yang normal dan tidak normal. Dikatakan normal bila disebabkan karena hormon prostaglandin.

Haid adalah kondisi luruhnya dinding rahim karena tidak dibuahi. Untuk mengeluarkannya dibutuhkan hormon prostaglandin yang menyebabkan nyeri haid pada kondisi normal.

2 Jenis nyeri hebat

Ada dua jenis nyeri haid hebat, yakni:

  1. Dismenore primer, yakni nyeri haid yang tidak diketahui penyebabnya.
  2. Dismenore sekunder, yakni nyeri haid hebat yang diketahui penyebabnya seperti karena penyakit.
Close-up photography of unrecognisable woman with hot water bottle healing stomach pain.Ilustrai nyeri haid hebat/ Foto: Getty Images/iStockphoto/grinvalds

Penyebab nyeri haid hebat

Berikut 2 penyebab nyeri haid hebat yang perlu Bunda tahu:

1. Endometriosis

Rata-rata penyebab nyeri haid hebat adalah penyakit endometriosis. Kondisi ini sebenarnya refluks saat haid yang seharusnya keluar ke bawah, tapi justru masuk ke saluran indung telur hingga akhirnya tumpah ke dinding perut.

Endometriosis dapat menyebabkan komplikasi jika sampai masuk ke otot rahim, dan ini disebut adenomiosis. Adenomiosis terjadi ketika ukuran rahim membesar dan batasnya tidak jelas. Kondisi ini berbeda dengan miom dan sulit didiagnosis lewat USG perut.

Komplikasi lainnya adalah kista cokelat. Diagnosis kista cokelat bisa ditegakkan dari pemeriksaan USG.

2. Miom

Miom dibagi menjadi dua jenis, yaitu leiomyoma dan adenomioma atau adenomiosis. Leiomyoma adalah miom yang batasan bentuknya jelas. Sedangkan adenomiosis, batasnya tidak jelas.

Jika memang penyebabnya adalah adenomiosis, maka memang dapat menimbulkan nyeri haid hebat. Tapi, tapi kalau penyebabnya leiomyoma, biasanya tidak membuat nyeri haid, tapi lebih pada volume darah haid yang meningkat.

Fakta dan mitos nyeri haid hebat

Nyeri HaidNyeri Haid hebat/ Foto: Thinkstock/Women's Health Mag

1. Nyeri haid hebat terkait dengan sulit punya anak setelah menikah

Nyeri haid hebat dapat berlangsung terus-menerus di setiap siklus bulanan. Bila kondisi ini menetap hingga wanita menikah, Bunda perlu waspadai ya.

Keluhan nyeri haid bersifat subjektif, tapi biasanya masalah baru bisa dideteksi setelah menikah. Apalagi bila pasangan suami istri sulit mendapatkan momongan.

Kalau sudah menikah selama satu tahun sulit punya anak dan kerap mengalami nyeri haid hebat, kemungkinan atau harus dicurigai wanita itu terkena endometriosis. Pemeriksaan laparoskopi mungkin dibutuhkan untuk memastikan kondisi dan diagnosis endometriosis.

Sedangkan bagi wanita yang belum menikah, nyeri haid dapat diobservasi setiap bulan. Biasanya diperbolehkan minum obat parasetamol untuk meredakan nyeri.

Tapi bila rasa nyeri semakin hebat, segera periksa ke dokter ya. Pemeriksaan USG transrektal dari anus atau rektum mungkin dibutuhkan jika sudah timbul komplikasi, seperti adenomiosis atau kista cokelat. Tapi kalau belum ada komplikasi, itu sulit dideteksi.

2. Radang panggul adalah penyebab nyeri haid hebat

Radang panggul tidak terkait dengan haid atau menstrual related problems. Nyeri yang disebabkan radang panggul bersifat konstan atau berlangsung dalam waktu lama. Artinya, nyeri tidak hanya muncul saat siklus haid dimulai, Bunda.

Radang panggul juga biasanya terjadi karena ada riwayat keputihan. Kondisi ini dialami oleh wanita yang aktif berhubungan seksual.

Radang panggul dapat dideteksi melalui pemeriksaan laboratorium untuk mengambil sampel cairan vagina atau pemeriksaan darah. Jika hasilnya ditemukan ada keputihan yang abnormal dan sel darah putih abnormal, maka itu dapat mengarah ke radang panggul kronis.

3. Penggunaan alat kontrasepsi bisa menyebabkan nyeri haid hebat

Penggunaan alat kontrasepsi juga tidak bisa dikatakan sebagai penyebab nyeri haid hebat. Misalnya, penggunaan pil KB tanpa 7 pil plasebo justru digunakan untuk mengatasi nyeri haid. Pil KB ini dapat menghentikan haid.

Nyeri haid kemungkinan terjadi karena sebelumnya sudah mengalami keluhan serupa. Jadi tidak bisa dikaitkan minum pil KB bisa menyebabkan nyeri haid hebat ya.

Contoh lainnya adalah penggunaan IUD ( intrauterine device). IUD memang dapat menyebabkan nyeri, tapi bukan nyeri haid hebat melainkan nyeri mekanik karena penggunaan alat kontrasepsi.

4. Tidak boleh terlalu sering minum parasetamol saat mengalami nyeri haid

Banyak yang bilang, wanita tidak boleh terlalu sering minum parasetamol saat haid karena bisa membuat ketergantungan. Hal itu hanya mitos ya, Bunda.

Saat mengalami nyeri haid, Bunda boleh kok terus mengonsumsi parasetamol sebagai pereda nyeri. Tentunya dengan dosis yang sesuai ya.

Minum obat pereda nyeri ini sangat dibutuhkan apabila penyebabnya dicurigai adalah endometriosis. Endometriosis tidak akan berhenti berkembang selama seorang wanita mendapat haid. Ketika dia tidak haid, endometriosis tidak akan berkembang.

Pada kasus jangka panjang, endometriosis dapat menumpuk dan menimbulkan rasa nyeri yang semakin hebat nih. Pada kondisi ini, Bunda membutuhkan obat dan dosisnya mungkin perlu ditingkatkan untuk mengatasi nyeri.

Bagaimana mengobati nyeri haid hebat yang tak tertahankan? Langsung simak di halaman selanjutnya!

Simak juga makanan yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat menstruasi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



4 CARA MENGATASI NYERI HAID HEBAT, SALAH SATUNYA OLAHRAGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!