sign up SIGN UP search


kehamilan

HPL Dekat Lebaran, Perhatikan 7 Tanda Bunda Akan Melahirkan dalam 24 Jam

Kinan   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 11:10 WIB
Ilustrasi ibu hamil caption
Jakarta -

Menjelang hari perkiraan persalinan, Bunda perlu menyiapkan berbagai hal agar tidak panik. Termasuk jika diperkirakan waktu tersebut dekat dengan hari Lebaran. 

Ya, saat hari persalinan sudah semakin dekat, umumnya akan ada beberapa tanda khas yang berlangsung 24 hingga 48 jam lagi. Misalnya seperti nyeri punggung bawah, diare, serta pecah ketuban.

Namun perlu diketahui bahwa proses persalinan dapat berbeda-beda pada setiap wanita, sehingga tidak selalu bisa disamaratakan. Bunda perlu memperhatikan tanda-tanda yang umum terjadi.


“Sebenarnya tidak ada aturan nyata dan pasti tentang proses persalinan, ini berbeda pada setiap orang. Tapi ada kondisi yang dapat dialami sebagian besar bunda hamil,” tutur Jonathan Emery, MD, seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

Berikut ulasan tentang tanda-tanda Bunda mau melahirkan dalam 24 jam seperti dikutip berbagai sumber:

1. Pecah ketuban

Apakah ada cairan keluar dari vagina yang memiliki tekstur lebih encer dibandingkan lendir? Jika ya, bisa jadi ini merupakan cairan ketuban, Bunda.

Pecahnya ketuban merupakan salah satu tanda mau melahirkan dalam 24 jam yang banyak dialami oleh Bunda hamil. Perlu diperhatikan apabila cairan ketuban sudah pecah, namun Bunda tak kunjung merasakan kontraksi, ini bisa jadi berisiko membahayakan bayi. 

Alasannya, cairan ketuban merupakan komponen pelindung bayi di dalam kandungan. Jika cairan ketuban sudah habis tapi tak ada kontraksi, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan induksi atau operasi caesar.

Banner Tanda Janin LaparFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

2. Kontraksi

Waspadai tanda mau melahirkan sudah dekat seperti kontraksi, baik yang 'palsu' alias Braxton-Hicks maupun kontraksi sebenarnya. Kontraksi ini terasa seperti nyeri atau sensasi kencang di bagian perut bawah.

Pada kontraksi palsu, rasa nyeri ini tidak terlalu hebat, jeda waktunya tidak teratur dan cenderung lama. Sebaliknya, pada kontraksi sebenarnya jeda akan semakin pendek, disertai dengan nyeri semakin kuat tiap waktunya.

3. Keluar lendir dan flek

Selain cairan ketuban, perhatikan juga jika keluar lendir berwarna bening dan flek darah dari vagina. Ini juga bisa menjadi salah satu tanda akan melahirkan dalam 24 jam.

Saat hamil, serviks tertutup oleh lendir. Ketika waktu melahirkan semakin dekat, serviks akan membesar sehingga lendir tersebut keluar melalui vagina.

Jika cairan lendir tersebut keluar dibarengi oleh flek darah, maka itu adalah tanda bayi sudah mulai bergerak menuju jalan lahir. Baca tanda-tanda lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga video Fitri Tropica melahirkan anak kedua, ini arti nama bayinya:

[Gambas:Video Haibunda]



SERING BUANG AIR KECIL DAN NYERI PUNGGUNG BAWAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!