sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Cara Hitung Usia Kehamilan & HPL yang Akurat untuk Persiapan Melahirkan

Ratih Wulan Pinandu   |   Haibunda Minggu, 30 Jan 2022 14:26 WIB
Siklus Haid caption
Jakarta -

Bunda positif hamil? Jangan lupa untuk segera cek ke dokter untuk menghitung usia kehamilan, serta mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) ya.

Usia kehamilan dan HPL bisa diketahui dengan cara menghitungnya, Bunda. Keduanya perlu dipastikan secara akurat agar Bunda bisa mengetahui perkembangan janin di tiap trimester kehamilan.

Menghitung usia kehamilan bisa dilakukan dengan mengetahui Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) atau pemeriksaan USG. Metode HPHT bisa dilakukan sendiri, sedangkan USG melalui pemeriksaan ke dokter.


Manfaat mengetahui usia kehamilan dan HPL

Usia kehamilan yang cukup bulan atau siap lahir berkisar di antara 37 sampai 41 minggu. Sangat penting untuk mengetahui usia kehamilan dan HPL sebelum melahirkan ya, Bunda.

Melalui HPL, dokter bisa menentukan usia kehamilan secara akurat, sehingga Bunda bisa mengetahui perkiraan waktu melahirkan nantinya. Selain itu, dokter juga dapat menentukan batas maksimal usia hamil, sehingga bisa menentukan tindakan medis bila Bunda tak kunjung melahirkan sampai usia 40 minggu.

Perlu diketahui nih, HPL bisa maju dari perhitungan lho. Tapi, Bunda enggak perlu khawatir bila tiba-tiba merasakan kontraksi atau tanda persalinan muncul di usia kehamilan 37 minggu ya.

Kondisi tersebut masih dianggap normal dan bukan prematur. Usia kehamilan 37 minggu sudah dikatakan cukup bulan untuk melahirkan.

Mengetahui HPL juga penting untuk menghilangkan rasa khawatir bila usia janin lebih tua dari tanggal pernikahan. Hal ini normal bila saat menikah, Bunda berada pada periode masa subur.

Misalnya, seorang wanita yang mengalami haid terakhir pada 14 April, dan memiliki siklus teratur selama 28 hari. Maka, masa suburnya akan terjadi di tanggal 28 April.

Nah, saat ia menikah di tanggal 29 April ini bersamaan dengan masa suburnya mulai terjadi. Pada kondisi ini, kehamilan dapat langsung terjadi dan HPL dihitung dari sebelum masa subur atau Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

Artinya, usia janin nanti akan dihitung mulai dari tanggal 14 April. Sehingga perhitungan usia janin bisa lebih tua dibanding tanggal pernikahan itu sendiri.

Perhitungan ini sudah disepakati secara konsensus atau internasional lho. Jadi, seseorang yang menikah empat minggu, tetap mungkin memiliki usia kehamilan enam minggu apabila mengacu pada perhitungan ini

Lalu bagaimana cara menghitung usia kehamilan dan HPL? Baca halaman berikutnya.

Simak juga 5 fungsi plasenta untuk perkembangan janin, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
3 CARA MENGETAHUI USIA KEHAMILAN DAN HPL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!