sign up SIGN UP search


kehamilan

Kisah Cynthia Lamusu 5 Bulan Tak Keluar Rumah demi Anak Usai Melahirkan

Annisa A   |   Haibunda Senin, 25 Apr 2022 21:32 WIB
Cynthia Lamusu caption
Jakarta -

Kenaikan berat badan pasca melahirkan sangat umum dialami oleh para Bunda. Artis Cynthia Lamusu, termasuk salah satu yang pernah melewati masa pahit.

Delapan tahun menanti momongan, Cynthia Lamusu dan Surya Saputra menjalani proses panjang hingga akhirnya dikaruniai anak kembar. Namun perjuangan Cynthia baru dimulai ketika melahirkan anak-anaknya.


Cynthia bercerita, ia dan Surya telah melewati kegagalan berturut-turut saat melakukan program hamil dengan metode inseminasi buatan. Mereka baru bisa dikaruniai momongan saat melakukan bayi tabung di 2016 lalu.

Kala itu, Cyntha sudah menginjak usia 38 tahun. Ia pun sudah diperingatkan dokter mengenai risiko mengandung bayi kembar di usia yang hampir kepala empat. Kekhawatiran itu pun terjadi, Bunda. Cynthia mengalami preeklamsia sehingga harus melahirkan secara prematur.

Banner Nikita Willy Melahirkan

Ketika kedua anaknya sudah diperbolehkan pulang ke rumah, perjuangan Cynthia sebagai Bunda telah dimulai. Namun merawat bayi prematur bukanlah hal mudah. Apalagi, kala itu ia tidak memiliki asisten rumah tangga.

"Bima waktu lahir 1,2 kg, waktu keluar 1,8 kg. Kalau Tatiana waktu pulang 2,2 kg. Aku waktu itu belum dapat suster, mengurus sendiri. Sekitar 5 bulan benar-benar enggak keluar rumah, sibuk ngurusin anak," ungkap Cynthia, dikutip dari kanal YouTube Ngobrol Asix, Senin (18/4/22).

Cynthia Lamusu harus hidup dengan kekhawatiran akan Bima dan Tatjana yang terlahir prematur. Kedua bayinya masih sangat ringkih dan sensitif sehingga ia perlu berhati-hati merawat mereka. Bahkan kala itu, Cynthia tidak bisa menerima tamu demi menjaga kesehatan bayinya.

Cobaan pun terjadi kala sang putra nyaris buta akibat kondisi prematur. Bma mengalami ROP (atauretinopathy of prematurity) yang disebabkan oleh gangguan pembentukan pembuluh darah di retina.

"Setelah dua bulan, Bima terdeteksi ROP, kondisi yang didapatkan oleh sebagian bayi prematur. Kalau tidak ditindaklanjuti dengan segera, itu Bima bisa mengalami kebutaan total. Itu kasus yang terjadi pada penyanyi Stevie Wonder," ujarnya.

Cynthia Lamusu dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu melakukan tindakan laser atau suntik. Ia pun memilih suntik dan harus menahan pedih ketika melihat putranya menangis. Namun untungnya, mata Bima berhasil diselamatkan meski ia harus hidup dengan memakai kacamata.

"Memang cuma bisa berdoa, ikhlas, dan percaya. Sampai akhirnya umur 18 bulan Bima akhirnya pakai kacamata yang lumayan tebal. Minus 7 dan 9," kata Cynthia.

"Kemudian beberapa bulan lalu, Tatiana juga harus pakai kacamata. Ternyata Tatjana lebih banyak plus," imbuhnya.

Perjuangan tersebut membuat Cynthia sempat terjebak di masa-masa kelam. Baca di halaman berikutnya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



MEMUTUSKAN UNTUK MERAWAT DIRI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!