sign up SIGN UP search


kehamilan

Syarat Dapatkan Vaksin HPV untuk Wanita yang Aktif Berhubungan Seksual

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 22 Apr 2022 13:30 WIB
Vaksin HPV caption
Jakarta -

Salah satu penyakit paling ditakuti para wanita adalah kanker serviks. Menurut data Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari World Health Organization (WHO), kanker serviks menjadi penyakit kanker terbanyak kedua yang diidap wanita di Indonesia, Bunda.

Kanker serviks sebenarnya dapat dicegah lho. Caranya dengan pemberian vaksin HPV untuk mencegah virus human papilloma.

"HPV atau virus human papillomavirus adalah virus yang dikeluarkan secara seksual, menyebabkan penyakit di sekitar anus, alat kelamin, dan orofaring atau tenggorokan," kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Eka Hospital Cibubur, dr. Alexander Mukti, Sp.OG saat dihubungi HaiBunda pada Jumat (22/04/2022).


Pada wanita, virus HPV dapat masuk ke tubuh saat berhubungan seksual. Nah, untuk mencegahnya, wanita tersebut harus disuntik vaksin sebelum aktif secara seksual, Bunda.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Tapi bagaimana bila wanita sudah aktif secara seksual dan ingin terhindari dari virus ini? Apakah masih bisa mendapatkan vaksin HPV?

Dokter Alex mengatakan bahwa wanita yang sudah aktif berhubungan seksual, tetap bisa mendapatkan vaksin HPV. Tapi sebaiknya dia tidak pernah terinfeksi virus ini dan tidak sedang terkena kanker serviks.

"Wanita yang pernah terinfeksi HPV bisa kalau mau vaksin, tapi memang penelitiannya belum cukup ya. Beberapa penelitian menyatakan vaksin bisa menurunkan grading dari infeksi HPV, tapi penelitian itu enggak boleh dijadikan landasan untuk vaksin. Kalau bisa sebelum ada infeksi HPV, itu sudah divaksin," ujar Alex.

Hal ini juga berlaku bagi seseorang yang sudah terkena kanker serviks. Vaksin HPV tidak akan memberikan pengaruh apa pun pada kondisinya.

"Tujuan vaksin kan preventif atau mencegah. Vaksin ini tidak bisa digunakan untuk menghentikan penyebaran virus HPV pada kanker rahim," ujar Alex.

Vaksin HPV pada wanita idealnya sudah dapat diberikan sejak usia 9 tahun sampai 26 tahun. Lalu bagaimana dengan wanita yang sudah di atas 30 tahun? Baca halaman berikutnya.

Simak juga penyebab dan cara mencegah kanker serviks menurut dokter, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
USIA IDEAL UNTUK SUNTIK VAKSIN HPV
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!