sign up SIGN UP search


kehamilan

Singapura Akhirnya Izinkan Wanita Lakukan Egg Freezing, Begini Syaratnya

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 03 May 2022 11:15 WIB
Clinic of reproductive medicine. Artificial insemination. Clinic of artificial conception. Sperm freezing. Liquid nitrogen storage caption
Jakarta -

Setelah dipertimbangkan selama bertahun-tahun, Singapura akhirnya mengizinkan para wanita untuk membekukan telur mereka atau egg freezing untuk alasan menjaga kesuburan mereka.

Meski begitu, usia yang diperbolehkan untuk melakukan metode ini pun memiliki ketentuan, Bunda. Yakni wanita dengan usia minimal 21 tahu hingga 35 tahun.


Metode ini berada dalam Peraturan Layanan Reproduksi Berbantuan yang dibawahi langsung oleh Undang-undang Layanan Kesehatan, yang akan diresmikan pada awal tahun 2023 mendatang.

Namun, hanya pasangan yang menikah secara sah saja yang bisa menggunakan telur yang sudah dibekukan ini untuk dapat hamil melalui fertilasi in-vitro (IVF).

banner janin aktif di sebelah kiri

Kini, wanita bisa melakukan membekukan sel telur mereka hanya untuk alasan medis. Misalnya saja karena menjalani kemoterapi yang bisa mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Mengutip dari laman The Straits Times, Menyeri Negara Pembangunan Sosial dan Keluarga, Sun Xueling, mengatakan bahwa pemerintah telah menyadari bahwa wanita mungkin tidak bisa menemukan pasangan yang cocok ketika muda. Karena itu, mereka ingin mempertahankan kemungkinan hamil.

"Kami menyadari bahwa mungkin ada wanita yang tidak dapat menemukan pasangan yang cocok ketika mereka masih muda, tapi mereka masih ingin bisa mempertahankan kemungkinan hamil ketika mereka menikah nanti," katanya.

Lebih lanjut, Sun mengatakan kalau ada beberapa prosedur yang harus diperhatikan oleh para wanita yang ingin melakukan pembekuan sel telur, Bunda. Misalnya saja para wanita harus mengikuti pemberian konseling sebelum membekukan sel telur untuk membantu memahami prosedurnya.

Dalam sesi konseling ini, mereka juga akan diberikan pemahaman tentang tingkat keberhasilan serta risiko memiliki bayi di usia tua, Bunda.

Berdasarkan hal ini, lantas seberapa besar peluang seorang wanita berhasil mendapatkan anak dari hasil pembekuan sel telur, ya? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video Luna Maya lakukan pembekuan sel telur berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PELUANG MELAHIRKAN SEKITAR 12 PERSEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!