sign up SIGN UP search


kehamilan

Benarkah Ciri Hamil Anak Perempuan Bisa Dilihat Dari Pusar? Cek Faktanya di Sini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 11:45 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption
Jakarta -

HaiBunda hamil, sudahkah mendengar mitos mengenai ciri hamil anak perempuan yang bisa dilihat dari pusar? Ini karena sebagian besar orang percaya bahwa jenis kelamin bayi sudah bisa dilihat dari hanya melihat pusar Bunda yang sedang mengandung.

Namun, benarkah demikian? Apakah hanya dari bentuk satu fitur tubuh maka bisa memperlihatkan jenis kelamin anak yang sedang Bunda kandung? Simak penjelasan berikut sesuai yang sudah Bubun rangkum dari berbagai sumber.

Bagaimana bentuk pusar pada saat hamil bayi perempuan?

Banner 40 Ciri Hamil

"Pada saat hamil, agar bisa mengetahui jenis kelamin dari bayi, Anda bisa menggunakan berbagai cara. Salah satu yang masaih banyak dipercayai adalah dengan melihat dari bentuk pusarnya," demikian bunyi mitos yang sering disebutkan orang-orang tua lalu.


Menurut mitos tersebut, apabila pusar menonjol ke bagian luar itu berarti Bunda sedang mengandung bayi laki-laki. Sedangkan, untuk ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar adalah pusar akan menjorok ke arah dalam.

Namun, semua itu masih belum ada bukti kebenarannya secara sains, Bun!

Dilansir Healthline, perubahan pada pusar ibu hamil umumnya akan terjadi di trimester kedua kehamilan. Ini terjadi karena pada saat rahim terus membesar maka akan mendorong perut ke bagian depan. Inilah yang membuat pusar akan semakin terlihat menonjol ke luar.

Hal ini menjadi penyebab utama mengapa pusar menonjol ketika sedang hamil. Dan, bukan karena disebabkan jenis kelamin tertentu dari jenis kelamin bayi yang dikandung.

Arti dari perubahan bentuk pusar

Perubahan dari pusar yang menjorok ke dalam bukanlah artinya ciri-ciri hamil anak perempuan yang akurat. Namun, begitu memang ada perubahan dari bentuk pusar selama kehamilan harus diketahui para calon Bunda.

1. Bentuk pusar yang menonjol

Hal ini akan terjadi seiring bertambahnya usia kehamilan dan rahim yang semakin mengalami pembesaran sehingga bisa membuat perut semakin besar dan pusar menjadi keluar atau menonjol. Kondisi ini sering disalahartikan sebagai ciri hamil anak laki-laki .

2. Bentuk pusar masuk ke dalam

Bentuk pusar masuk ke dalam sering sekali dipercaya sebagai ciri hamil anak perempuan dilihat dari pusar. Namun sebenarnya hal tersebut disebabkan oleh bayi yang memang sedang tumbuh di dalam rahim dan dapat memberikan tekanan pada bagian dinding perut. Sehingga bisa mengakibatkan bentuk pusar ketika hamil tenggelam atau sering dikatakan masuk ke dalam.

3. Bentuk pusar rata

Terakhir ini adalah bentuk dari pusar rata. Ketika perut semakin membesar, bisa juga menyebabkan pusar terlihat semakin rata dan terasa lebih kencang di kulit. Namun, hal ini masih tetap aman dan akan kembali ke pada bentuk yang semula ketika bayi nantinya sudah lahir.

Berdasarkan ulasan yang diberikan oleh Healthline,semua perubahan dari bentuk pusar ketika hamil akan bisa kembali seperti semula atau dalam keadaan yang normal ketika sudah memasuki beberapa bulan setelah melahirkan. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir ya karena semua ibu hamil juga mengalami hal sama (PK)

Simak juga video berikut mengenai gejala COVID-19 yang terasa lebih berat pada bumil.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!