sign up SIGN UP search


kehamilan

Ingin Janin Berkembang Baik dalam Rahim? Santap 10 Makanan ini yuk Bunda

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 07:00 WIB
Young disgust female after trying piece of cake, healthy diet concept, pregnancy food. caption

Jakarta - Kehamilan memberikan Bunda kesempatan untuk menjelajah segala jenis makanan ya. Karena konon, hamil sering kali membuat Bunda sedikit sedikit lapar. Nah, karena sering lapar, Bunda mungkin enggan memakan menu yang sama dan seperti biasanya.

Maka kehamilan menjadi momen spesial bagi Bunda untuk mencoba ragam makanan yang ada. Selain ngidam yang sering menjadi alibi, Bunda mungkin juga ingin mengistimewakan Si Kecil yang sudah hidup dalam rahim Bunda ya.

Tapi jangan asal makan ya, Bunda. Sekali pun sah-sah saja Bunda makan banyak karena berat Si Kecil cukup menguras tenaga, Bunda perlu tetap peduli pada kandungan nutrisi dalam setiap asupan makanan yang dikonsumsi lho. Sebab, Bunda memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda sepanjang hidup. Terutama sebelum dan selama kehamilan hingga saat menyusui.  
 
Melansir dari laman Uniceforg, memastikan perempuan mendapatkan makanan bergizi dan layanan serta perawatan yang memadai merupakan hal mendasar untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan ibu dan anak-anak mereka.


Banner Resep Budget Rp30 RibuResep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Lantas, apa saja ya yang sebaiknya Bunda konsumsi dan tidak hanya berdampak terhadap Bunda namun pada perkembangan Si Kecil dalam rahim Bunda? Yuk kita simak terus ya. 

10 Jenis makanan sehat dan mudah didapat

Melansir dari Tuftsmedicalcenter, walau kehamilan banyak membawa Bunda pada kebiasaan baru, termasuk kebiasaan menyantap menu-menu baru, namun kandungan nutrisi yang Bunda butuhkan sebenarnya banyak terdapat pada makanan yang sudah Bunda konsumsi sehari-hari. 

“Makan dengan benar saat hamil sangat penting untuk perkembangan janin. Untungnya, ada banyak makanan yang enak dan bergizi untuk calon ibu,” kata Jillian Reece, RD, LDN, CSOWM, ahli gizi di Weight and Wellness Center di Tufts Medical Center.

"Diet terbaik adalah dengan banyak buah dan sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat, dan biji-bijian," tambahnya. 

Berikut adalah 10 jenis makanan yang direkomendasikan oleh Reece : 

1. Jeruk

Dikemas dengan vitamin A dan C, jeruk juga membantu penyerapan zat besi. Simpanan zat besi yang cukup selama kehamilan membantu mengantarkan oksigen ke bayi yang sedang tumbuh. Pilihan lain yang memiliki dampak serupa termasuk wortel dan ubi jalar.

Beautiful young pregnant woman relaxing on sofa and eating corn flakes. Pregnancy concept.Ingin Janin Berkembang Baik dalam Rahim? Santap 10 Makanan ini yuk Bunda/ Foto: Getty Images/Group4 Studio

2. Telur

Telur merupakan sumber vitamin D dan kolin. Kolin membantu perkembangan otak Si Kecil.

3. Kacang

Polong dan buncis adalah protein tanpa lemak yang tinggi serat. Mereka juga mengandung zat besi, folat, dan kalsium.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang apakah ibu hamil boleh makan mie?

[Gambas:Video Haibunda]



ALPUKAT, BAYAM, HINGGA BIJI-BIJIAN UTUH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!