sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Hamil dan Cara Aman Mengonsumsinya

Kinan Senin, 01 Feb 2021 12:20 WIB
Having breakfast at home caption

Saat hamil, Bunda perlu mendapatkan cukup asupan nutrisi demi menunjang tumbuh kembang janin. Oatmeal dan segudang manfaatnya pun bisa jadi salah satu pilihan ideal.

Benarkah aman mengonsumsi oatmeal saat hamil? Dikutip dari Parenting First Cry, jawabannya adalah ya. Oatmeal sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan.

Selain enak, oatmeal juga praktis dan mudah diolah dengan berbagai bahan tambahan. Mulai dari susu, madu, hingga buah-buahan segar. Semua bisa disesuaikan dengan kesukaan Bunda.


Nah, berikut tujuh manfaat oatmeal untuk ibu hamil yang perlu Bunda ketahui:

1. Sumber energi sehat

Tubuh ibu hamil memerlukan asupan energi ekstra agar tetap fit menjalani aktivitas harian yang padat. Oatmeal pun bisa jadi pilihan ideal Bunda, misalnya untuk sarapan. Ia kaya akan karbohidrat dan kalori untuk menambah energi sepanjang hari.

2. Mengandung karbohidrat kompleks

Secara umum, ada dua jenis karbohidrat yakni karbohidrat sederhana (refined grain) dan karbohidrat kompleks (whole grain). Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang berasal dari biji-bijian yang telah diolah, sementara karbohidrat kompleks tidak atau sangat sedikit melewati pemrosesan.

Oatmeal termasuk dalam kategori karbohidrat kompleks, yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk dicerna. Efeknya, Bunda akan lebih lama kenyang.

Selain itu, konsumsi oatmeal juga membantu mengontrol gula darah dan mengurangi risiko diabetes gestasional. Kenaikan berat badan pun jadi lebih terkendali.

3. Kaya serat

Salah satu manfaat oatmeal lainnya yakni membantu memenuhi kebutuhan serat. Seperti diketahui, saat hamil wanita rentan mengalami konstipasi. Oatmeal yang tinggi serat pun bisa membantu kerja sistem pencernaan dan melancarkan gerakan usus, sehingga sembelit bisa dicegah.

4. Punya beragam mineral

Oatmeal diketahui memiliki beragam mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, selenium, magnesium dan mangan. Masing-masing mineral itu pun memiliki peran penting, termasuk meningkatkan imun, menguatkan tulang dan gigi, serta membantu pertumbuhan janin.

5. Membantu memenuhi kebutuhan vitamin

Selain mineral, oatmeal juga kaya akan beragam vitamin. Termasuk seperti berbagai jenis vitamin B: vitamin B9 (folat) dan vitamin B5 (asam pantotenat), yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil.

6. Diperkaya dengan asam folat

Di antara semua jenis vitamin dan mineral yang ada, asam folat menjadi salah satu yang penting dan tak boleh dilupakan ibu hamil. Komponen ini berperan penting bagi perkembangan sistem saraf dan otak janin.

Dilansir Web MD, asam folat membantu proses produksi sel darah merah, yang berujung pada pencegahan cacat lahir pada otak dan saraf janin. Jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan untuk ibu hamil minimal 400 mikrogram (mcg) di trimester pertama, lalu naik menjadi 600 mcg di trimester kedua dan ketiga.

7. Tinggi zat besi

Meski sebelumnya Bunda tidak memiliki riwayat anemia, kondisi ini masih tetap sangat mungkin dialami saat hamil, lho. Penyebabnya yakni kekurangan asupan zat besi selama kehamilan. Maka dari itu, memenuhi kebutuhan zat besi saat hamil pun menjadi sangat penting.

Oatmeal kaya akan kandungan zat besi sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin. Jika perlu, Bunda juga bisa mendapatkan tambahan zat besi dari suplemen yang diresepkan dokter, ya.

Cara tepat mengonsumsi oatmeal saat hamil

Meski ada banyak manfaat oatmeal yang diketahui baik bagi ibu hamil, tetap saja pengaturan konsumsinya harus tepat. Mulai dari memilih jenis oatmeal, cara mengolah hingga mengatur porsinya.

Ya, mengonsumsi oatmeal secara berlebihan diketahui dapat menyebabkan risiko gangguan pencernaan dan diare. Jadi, pertimbangkan untuk mengatur porsi dan frekuensi secukupnya.

Selain itu, pahami juga apakah Bunda punya riwayat alergi gluten. Konsumsi oatmeal bisa memicu reaksi alergi jika Bunda memiliki riwayatnya.

Jangan lupa diskusikan dulu dengan dokter tentang sumber karbohidrat lainnya yang aman dan tanpa gluten untuk Bunda. Ini supaya kebutuhan karbohidrat tetap bisa terpenuhi tanpa berisiko memicu reaksi alergi.

Jika bisa, pilih oatmeal yang dimasak dan bukan oatmeal instan ya, Bunda. Demikian informasi tentang manfaat oatmeal yang bisa didapatkan ibu hamil. Apakah Bunda sudah rutin mengonsumsi oatmeal selama kehamilan ini?

Simak juga yuk Bunda menu sarapan oatmeal buah untuk ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi