sign up SIGN UP search


kehamilan

Bisakah Test Pack Bekas Digunakan Kembali? Simak juga Akurasinya Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 18:10 WIB
Happy woman holding pregnancy test, beautiful young female at home lying down on sofa. Copy space. Family, child expectation and maternity concept caption

Jakarta - Bunda, meski hendak berhemat, test pack bekas sebaiknya tidak digunakan kembali ya dengan pertimbangan apa pun. Sebab, melansir Healthline, test pack bekas memang tidak layak untuk digunakan kembali, Bunda.

Karena, alat tes kehamilan sangat sensitif dan dirancang untuk mendeteksi jejak human chorionic gonadotropin (hCG), yaitu hormon yang biasanya diproduksi oleh plasenta yang ringan di tubuh Bunda. 

Strip pada testpack terbuat dari bahan kimia tertentu yang bereaksi dengan urine dan mendeteksi keberadaan hCG. Jika ada, muncul dua garis yang menunjukkan positif. Jika hCG tidak terdeteksi, itu hanya menunjukkan satu garis yang menunjukkan hasil negatif. 


Nah, setelah reaksi kimia terjadi, itu tidak bisa terjadi lagi. Strip telah terbuka dan tidak dapat kembali ke tahap reaksi pra-kimia lagi. 

Lantas adakah penjelasan lain mengapa test pack bekas tidak selayaknya Bunda pakai lagi? Yuk simak terus, Bunda.

Banner Resep Budget Rp30 RibuResep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Alasan test pack tak bisa digunakan kembali

Sebaiknya Bunda pahami, bahwa reaksi kimia tidak terjadi hanya dengan urine tetapi dapat terjadi dengan cairan atau zat lain apa pun. Dengan kata lain jika test pack sebelumnya tidak digunakan untuk mengetes urine sekalipun, tetap tidak bisa digunakan kembali ya, Bunda. 
 
Masih merujuk Healthline, Jadi, ketika strip test pack telah dibuka sekali, itu menyebabkan reaksi kimia, dan berakhirlah masa pakainya. Bahkan jika itu menunjukkan kesalahan pada penggunaan pertama, strip telah digunakan sekali dan tidak dapat digunakan kembali.

“Ketika strip tes terkena urine atau bahan kimia lainnya atau bahkan air, reaksi terjadi dan garis strip mungkin tidak muncul,” papar obgyn Carolyne Kay dalam ulasannya. 

Sedikit penjelasan berbeda diulas oleh Timesofindia, Bunda. Dalam ulasannya, tertulis bahwa test pack bekas layak saja digunakan, namun dengan catatan sudah pasti hasilnya tidak akurat ya. 

Sementara ada alat tes kehamilan yang bisa digunakan kembali. Ini juga merupakan kit digital yang dilengkapi dengan strip yang dapat dilepas. Strip ini harus dimasukkan ke dalam stick dan kemudian urine harus dijatuhkan di atasnya, untuk mendapatkan hasil. Bunda harus membuang strip dan menggunakan yang baru jika Bunda ingin melakukan tes lagi. 

Young woman looking miserable staring at pregnancy testBisakah Test Pack Bekas Digunakan Kembali? Simak juga Akurasinya Bun/ Foto: Getty Images/SolStock

Meski begitu, tidak semua alat tes kehamilan digital bisa reusable atau bisa digunakan kembali ya, Bunda. Hanya beberapa merk tertentu yang menyediakannya. Sebaiknya Bunda tanyakan terlebih dahulu pada petugas medis yang lebih paham ya.

Simak cara memastikan akurasi test pack di halaman selanjutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 penyebab test pack negatif tapi telat haid.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MEMASTIKAN AKURASI TESTPACK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!