sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda Ini Bikin Daftar Aturan bila Ingin Kunjungi Bayinya yang Baru Lahir, Perlukah?

Khesedtov Bana   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 14:20 WIB
A shot of a grandmother wearing a protective face mask visiting her daughter and granddaughter with a special gift of flowers, they are greeting at the front door. Bunda Ini Bikin Daftar Aturan bila Ingin Kunjungi Bayinya yang Baru Lahir, Perlukah?/Foto: Getty Images/SolStock

Bayi baru lahir atau newborn memang masih sangat sensitif ya Bunda. Untuk itu, disarankan, siapa pun yang hendak memegang atau menggendongnya sebaiknya sudah dalam kondisi higienis. Karena, bila bayi newborn memiliki risiko bila terpapar berbagai virus dari orang-orang yang menyentuhnya.

Namun memang saat seorang Bunda baru saja melahirkan, pastinya akan ada kerabat atau sahabat yang hendak melihat Si Kecil secara langsung. 

Karena ingin menghindari risiko bayinya terpapar virus atau bakteri berbahaya dari orang-orang yang membesuk, baru-baru ini Maisie Crompton, seorang calon Bunda asal Amerika Serikat membagikan sebuah daftar.


Daftar itu berisi syarat atau peraturan yang harus dituruti kerabat terdekat jika ingin menengok anaknya setelah ia melahirkan. Daftar itu pun viral di sosial media TikTok dan mendapat beragam komentar, nih Bunda.

Banner Buah yang Bagus untuk JaninBuah yang Bagus untuk Janin/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Beberapa netizen menganggap syarat yang Maisie buat terkesan berlebihan karena peraturan yang terlalu spesifik. Namun, tak sedikit para ibu yang setuju pada keputusan Maisie untuk membuat persyaratan tersebut, setidaknya itu cara Maisie untuk memberi gambaran ekspektasinya sebagai seorang ibu terhadap kerabat dan keluarga terdekat.

Maisie membagikan daftar batasan yang ia bentuk, lantaran melihat tren ibu-ibu lain yang juga membagikan rangkaian batasan yang mereka bentuk secara personal. Tiap ibu memiliki batasan atau syarat yang berbeda. 

Melansir dari Romper, berikut daftar syarat yang Maisie buat:

1. Tolong tidak mencium bayi.
2. Tidak menerima tamu tanpa pemberitahuan. (Aku pikir, aku tidak akan tertarik untuk bersosialisasi setelah bayi baru saja benar-benar keluar dari aku.)
3. Jangan umumkan bahwa bayi kami sudah lahir sampai kami yang umumkan, di sosial media maupun secara langsung.
4. Jangan mengunggah foto bayi, hingga kami yang mengunggah.
5. Jangan datang jika kamu sakit. (Aku tidak peduli jika itu hanya batuk kecil.)
6. Cuci tangan sebelum menggendong bayi. (Anda mungkin sudah menyentuh banyak benda)
7. Jangan minta menengok bayiku jika kamu tidak pernah bicara atau bertanya bagaimana kabarku selama kehamilan. 
8. Jika bayi kami menangis, tolong kembalikan padaku atau ayahnya (karena aku tidak mau melihat bayiku menangis dari kejauhan).

Jika ada penerima daftar yang merasa tersinggung, Maisie menerangkan akan memberi sambutan hangat seperti ‘kami sangat ingin Anda untuk berkunjung.’

Maisie juga menerangkan ia akan memberi syarat ini dengan jelas dan sangat kasual, serta menjelaskan bahwa aturan ini ia kirimkan ke semua orang, sehingga tidak ada orang yang merasa menjadi target atau merasa tertinggal. Maisie mengatakan tujuannya membuat daftar ini utamanya demi keamanan bayi kecilnya. 

newbornBunda Ini Bikin Daftar Aturan bila Ingin Kunjungi Bayinya yang Baru Lahir, Perlukah?/ Foto: TikTok @maisie_crompton

Kalau Bunda sendiri gimana, nih? Apakah setuju dengan adanya syarat yang terbuka seperti yang Maisie buat, atau membiarkan saja kerabat dekat datang tanpa harus ada batasan-batasan tertentu? 

Nah, sambil menimbang-nimbang hal tersebut. Bunda juga harus tahu, nih etika ketika berkunjung yang baik seperti apa. Simak halaman berikutnya, ya Bunda!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang rata-rata berat badan normal bayi baru lahir:

[Gambas:Video Haibunda]



ETIKA MENGUNJUNGI BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!