sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Buah yang Bagus untuk Menjaga Tumbuh Kembang Janin dalam Rahim

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 13 Jun 2022 07:00 WIB
Happy pregnant woman cooking at home, doing fresh green salad, eating many different vegetables during pregnancy, healthy pregnancy concept caption

Jakarta - Pentingnya mengonsumsi buah selama kehamilan memang tidak bisa disepelekan, Bunda. Sebab, apa yang Bunda makan saat mengandung janin dapat memengaruhi kesehatannya seumur hidup lho.

Bahkan melansir Momlovesbest, terdapat beberapa penelitian yang menghasilkan temuan bahwa makan makanan asin, berlemak, dan manis memengaruhi preferensi rasa Si Kecil, yang berpotensi membuat mereka berjuang seumur hidup dengan kebiasaan makan, kesehatan, dan berat badan mereka sendiri nantinya. 

Melalui makanan sehat, tubuh Bunda akan berfungsi lebih baik. Di antara sumber makanan sehat itu, tentu saja ada buah-buahan. Sebab, buah mengandung komposisi gizi yang lengkap sehingga membantu tubuh Bunda berfungsi dengan lebih baik.


Ada serat di kulit, air di daging, dan tekstur yang memuaskan dan cukup membuat kenyang, sehingga membantu mencegah Bunda dari keinginan ngemil. 

"Lebih banyak makan buah lebih baik. Namun meskipun hanya sedikit mengonsumsinya, itu tetap ada manfaatnya," kata Dr. Piush Mandhane, profesor pediatri di University of Alberta, dikutip dari CBC.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 Tahun Risiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Lantas buah apa saja sih yang sebaiknya Bunda konsumsi selagi hamil? Yuk simak terus. 

Buah yang disarankan untuk kesehatan janin

Melansir Allaboutwomenmd, berikut buah yang disarankan untuk kesehatan janin :

  1. Pisang
    Dapat dikatakan pisang merupakan makanan super untuk masa kehamilan. Selain mengenyangkan, kandungan kalsium dan potasiumnya yang tinggi, dapat membantu menangkal kram kaki pada Bunda hamil. 
    Namun, Bunda harus tahu ya, semakin matang pisang, semakin tinggi kadar gulanya. Jika Bunda mendambakan makanan manis yang sehat, pilihlah pisang yang matang sepenuhnya. Tetapi jika Bunda menderita diabetes gestasional dan membutuhkan pilihan rendah gula, pilih satu di sisi hijau ya. 
  2. Apel
    Apel mengandung vitamin A dan C, banyak air dan serat larut dan tidak larut untuk menjaga tubuh Bunda terhidrasi dengan cukup baik. Kandungan serat yang sangat tinggi pada apel, dapat membantu mengatur pencernaan wanita dan mencegah wasir atau ambeien, masalah umum yang dihadapi banyak wanita hamil.

Untuk buah lainnya, kita lanjut ke halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 10 buah yang sebaiknya tak dikonsumsi saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
SEMANGKA, JERUK, ALPUKAT DAN MANGGA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!