sign up SIGN UP search


kehamilan

Ini Waktu Tepat Pakai KB setelah Melahirkan agar Tidak Kebobolan Hamil

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 18:45 WIB
Soft focus of happy mother with newborn baby caption
Jakarta -

Waktu tepat menggunakan KB setelah melahirkan bisa mencegah kehamilan yang tak direncanakan, Bunda. Lalu kapan waktu tepat pakai KB setelah memiliki momongan?

Bunda perlu tahu nih, kehamilan bisa saja terjadi setelah melahirkan dan sebelum haid. Untuk mencegah kebobolan, penggunaan KB mungkin dibutuhkan setelah melahirkan.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menjelaskan bahwa penggunaan KB pada beberapa minggu setelah melahirkan bisa membantu menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. Jika Bunda tidak menyusui, peluang untuk hamil setelah melahirkan bisa meningkat.


"Jika tidak menyusui, ovulasi dapat terjadi dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Tapi, bila memutuskan untuk menyusui, ovulasi mungkin tertunda, tetapi biasanya akan kembali lagi sekitar 6 bulan," tulis ACOG di laman resminya.

Setelah ovulasi terjadi, Bunda bisa hamil lagi. Bagi kebanyakan wanita, ovulasi biasanya terjadi dua minggu sebelum haid. Artinya, Bunda bisa hamil bahkan sebelum masuk periode haid.

Waktu tepat pakai KB setelah melahirkan

Sejak masa kehamilan, Bunda sebaiknya sudah mulai menyiapkan pilihan KB yang digunakan usai melahirkan. Terutama bila ingin menunda momongan.

Ada banyak metode KB yang bisa dipilih setelah melahirkan. Mengutip berbagai sumber, berikut waktu terbaik pakai KB sesuai dengan jenis kontrasepsinya:

1. Pakai KB 3 minggu setelah melahirkan

Tiga minggu setelah melahirkan, Bunda bisa menggunakan KB untuk mencegah kehamilan. Dilansir NHS Inggris, Bunda bisa menggunakan 3 jenis KB setelah tiga minggu melahirkan bila tidak menyusui, yakni pil kombinasi, cincin vagina, atau koyo KB.

Penggunaan tiga metode KB tersebut tidak disarankan bagi Bunda yang sedang menyusui, memiliki masalah kesehatan, atau berisiko mengalami pembekuan darah. Pada kondisi tersebut, penggunaan KB perlu ditunda setidaknya 6 minggu setelah melahirkan.

Penjelasan tentang waktu penggunaan KB usai melahirkan, dapat dibaca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 cara redakan nyeri karena efek samping penggunaan IUD, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PILIHAN KB USAI MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!