sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Rekomendasi Alat Kontrasepsi KB untuk Cegah Kehamilan, dari Pil hingga IUD

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 29 May 2022 14:35 WIB
Alat kontrasepsi caption
Jakarta -

Bunda lagi mencari alat kontrasepsi yang efektif mencegah kehamilan? Banyak lho pilihan alat kontrasepsi KB untuk digunakan sesuai kebutuhan, Bunda.

Ada KB hormonal dan non-hormonal yang tersedia di fasilitas kesehatan. Beberapa di antaranya memiliki efektivitas hingga 99 persen dalam mencegah kehamilan.

Nah, sebelum Bunda memutuskan untuk menggunakan KB ini, sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter ya. Jangan ragu menanyakan efek samping dan manfaat KB ke dokter.


Nah, berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber, 7 rekomendasi alat kontrasepsi KB yang bisa Bunda gunakan, mulai dari pil hingga IUD (Intrauterine Device):

Banner 5 Buah yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

1. Pil KB Yasmin

KB Yasmin merupakan pil KB kombinasi yang mengandung hormon estrogen (ethinylestradiol) 0,03 miligram (mg) dan progestin (drospirenone) 3 mg. Pil KB ini dapat mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur dari ovarium, Bunda.

KB Yasmin juga bisa menyebabkan perubahan pada lendir serviks dan lapisan rahim. Akibatnya, sperma akan sulit mencapai rahim dan sel telur yang telah dibuahi dan menempel di rahim.

Penggunaan pil KB ini sebaiknya dikonsultasikan ke dokter atau bidan ya, Bunda. Dosis atau aturan pakainya dari hari pertama haid, 1 tablet selama 21 hari, lalu 7 hari tanpa tablet. KB Yasmin Tablet ini dijual dengan harga kisaran Rp200.00 sampai 280.000 per box.

2. Pil KB Andalan

Pil KB Andalan memiliki kandungan ethinylestradiol 0.03 mg dan levonorgestrel 0.15 mg. Pil KB ini bekerja dengan cara mencegah pertemuan antara sel sperma dan sel telur, Bunda.

Penggunaan pil KB Andalan perlu dikonsultasikan ke dokter ya. Sebab, efektivitasnya akan maksimal bila diminum dengan dosis benar dan teratur.

Pil KB ini terdiri dari 28 tablet salut gula, di mana 21 tabletnya aktif mengandung hormon, dan 7 tablet placebo mengandung sakrum laktis. Alat kontrasepsi ini dijual dengan harga sekitar Rp 17.000 per box.

3. Pil KB Diane

Pil KB Diane diproduksi oleh Bayer Farma Indonesia dalam sediaan tablet salut gula. Pil KB ini mengandung ethinylestradiol 35 mcg dan siproteron 2 mg.

Cara kerja pil KB Diane yakni dengan menghambat sekresi luteinizing hormone (LH), yang mengurangi produksi testosteron. Dosis pil KB ini adalah satu kali sehari, dalam kemasan per 21 hari dan diminum rutin di jam yang sama.

Bunda bisa membeli pil KB Diane ini di apotek atau online. Harganya berkisar antara Rp170.000 sampai Rp210.000 per box.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui jenis KB IUD untuk mencegah kehamilan.

Simak juga dampak tidak menggunakan KB untuk kesuburan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
KB IUD UNTUK MENCEGAH KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!