sign up SIGN UP search


kehamilan

Simak yuk Pilihan KB untuk Cegah Kehamilan Versi Pembaca HaiBunda

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 20 Sep 2022 18:04 WIB
Ilustrasi Kontrasepsi Pilihan KB untuk Cegah Kehamilan Versi Pembaca HaiBunda/ Foto: Getty Images/iStockphoto/JPC-PROD
Jakarta -

Bunda dapat menggunakan kontrasepsi atau alat KB untuk menunda dan mencegah kehamilan. Ada beberapa pilihan KB tersedia di fasilitas kesehatan.

Mengutip laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Promkes Kemenkes), program KB bertujuan untuk mengendalikan pertambahan jumlah penduduk, membatasi angka kelahiran, dan mengatur jarak kelahiran, sehingga dapat menciptakan keluarga sehat sejahtera.

Program KB juga diharapkan bisa menurunkan angka kematian ibu dan bayi karena kehamilan yang tidak diinginkan ataupun jarak kelahiran yang terlalu dekat, Bunda. Nah, upaya untuk mendukung program ini dengan menggunakan alat KB atau kontrasepsi.


Banner Gawat Janin

Saat ini, tersedia dua jenis alat kontrasepsi, yakni KB hormonal dan non hormonal. Kedua jenis KB ini memiliki cara kerja dan kemungkinan efek samping yang berbeda, Bunda.

Belum lama ini, Bubun mengadakan polling di Instagram Stories @haibundacom. Ternyata banyak juga lho Bunda yang menunda kehamilan dengan menggunakan kontrasepsi KB.

Dari 74 responden, sebanyak 24 persen mengaku sedang menjalani program hamil. Sementara itu, 76 persen sedang menunda kehamilan.

Nah, di polling selanjutnya ada 98 responden mengungkapkan tentang pilihan kontrasepsinya nih. Sebanyak 60 persen menggunakan alat kontrasepsi KB dan 40 persen KB alami.

Para Bunda ini mengungkapkan alasan mereka memilih kontrasepsi KB. Beberapa di antaranya mengaku takut menggunakan Kb jenis tertentu nih.

Pilihan KB versi pembaca HaiBunda

Berikut telah Bubun rangkum komentar dari pembaca HaiBunda tentang KB pilihan mereka:

Bunda Novita

"Aku 6 bulan pertama KB alami menyusui, terus baru beberapa bulan belakangan pakai KB suntik. Menurutku praktis untuk jangka pendek dan enggak terlalu banyak limbahnya. Mungkin untuk jangka panjang nanti kalau sudah berani mau ganti ke IUD spiral supaya enggak ngaruh ke hormon."

Bunda Firli

"Alat KB aku pake IUD. Kenapa pake IUD? Berhubung saya orangnya pelupa kalau pakai pil kb yang harus rutin diminum setiap hari, takut disuntik kalo pake yang KB suntik, jadinya milih pake IUD pengennya yang praktis saja sekali pemasangan udah deh beres. Terus bisa ngatur jarak kehamilan selanjutnya. Ya meskipun haidnya jadi lebih lama waktunya dan harus cek posisi IUD setiap tahun biar tetap aman."

Bunda Manda

"Saya pakai IUD, enggak pengaruh siklus haid dan non hormonal."

Bunda Amalia

"Aku pakai spiral, soalnya takut punya anak lagi anak aku udah 3 dan jaraknya pun enggak jauh."

Bunda Silvana

"Saya KB steril karena anak sudah 3 dan cukup, semoga dengan steril membantu saya dan keluarga saya."

Bunda Zika

"Aku KB pake kondom karena sejak gadis aku selalu kram hebat kalau lagi haid, malah pernah sampai pingsan. Jadi untuk KB aku dan suami pilih yg enggak melibatkan modifikasi hormon. Supaya aman di akunya juga dan enggak ada alat asing terpasang di badan."

Bunda Fitri

"Pakai kondom karena belum berani pasang alat atau yang pengaruhin hormon."

Bunda Nisa

"Aku cuma pake kondom kak karena takut pake yang lain."

Bunda Almy

"Aku suntik 3 bulan bund."

Nah, kalau Bunda sendiri gimana nih? Apa sudah menggunakan kontrasepsi atau sedang mencari pilihan alat KB untuk menunda dan mencegah kehamilan?

Bila khawatir dengan efek samping kontrasepsi, sebaiknya Bunda konsultasi dulu ke dokter atau bidan sebelum menggunakannya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga rekomendasi pil KB yang baik untuk kulit dan enggak bikin gemuk, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!